KOL Makin DIlirik untuk Pasarkan Produk, Ini Perannya dalam Bisnis!

Jalankan KOL Marketing untuk pemasaran bisnismu (sumber gambar: freepik)

Jalankan KOL Marketing untuk pemasaran bisnismu (sumber gambar: freepik)

Like

Sudah hampir 3 tahun, penulis menjalani peran sebagai Key Opinion Leader (KOL) Specialist untuk suatu creative agency yang bekerja sama dengan beberapa brand.  KOL makin untuk pasarkan produk, ini perannya dalam bisnis. 

Strategi ini dianggap sebagai titik balik pemasaran yang menghubungkan antara bisnis dengan produk atau layanannya.

Biasanya brand atau merek menggunakan KOL untuk tingkatkan kesadaran produk (brand awareness). Selain itu, banyak juga klien yang butuh KOL demi gaet pelanggan baru atau justru monitoring terhadap konsumen lama.
     
Perubahan strategi bisnis masih efektif menggunakan KOL sebab dianggap relevan dengan tren digital yang terus berkembang.

Keseharian, tentu kita tak bisa lepas dengan gawai dan sosial media maka eksistensi sosok KOL yang punya pengetahuan dan pengalaman bisa membentuk reputasi dari produk atau layanan yang linier.


Seorang KOL biasanya akan berkecimpung pada konten yang sesuai dengan ranah keahliannya untuk buat karya digital sehingga bisa meyakinkan para pengikutnya di media sosial.

Mereka akan memanfaatkan media sosial untuk bersosialiasi dan mengutarakan opini sesuai kapasitas diri. Bukan hanya sekadar unjuk gigi.

     
Berikut penulis jabarkan strategi KOL seperti apa yang paling efektif untuk pemasaran:
 

1. Relevansi terhadap produk atau layanan

Perusahaan harus bisa memilih KOL yang punya keterkaitan dengan produk atau layanan yang dipasarkan. Tentu riset tren dan dinamika yang terjadi melalui media sosial harus dilakukan agar bisa menemukan KOL yang tepat.

Misal, produk atau layanan kesehatan akan memutuskan untuk kolaborasi bersama dokter atau tenaga medis yang paham terkait apa yang dipasarkan sehingga punya korelasi untuk sebarkan pesan positif.