Kepoin 5 Cara Mengurangi Stres ala Orang Jepang yang Bisa Ditiru!

Like

4. Berlibur dan Bersantai 

Orang Jepang memiliki kebiasaan untuk mengatasi stres akibat rutinitas harian mereka yakni dengan cara berlibur. Banyak pilihan berlibur yang biasanya dilakukan mereka yakni seperti berwisata menikmati alam, berkunjung ke tempat wisata atau museum, wisata kebun, atau bahkan sekedar duduk-duduk di taman menikmati mekarnya bunga sakura mereka lakukan untuk meningkatkan suasana hati sebagai pereda stres.

Selain itu di Jepang juga memiliki salah satu periode liburan terpanjang di kalender mereka yang disebut Golden Week. Banyak penduduk Jepang yang memanfaatkannya untuk pergi berlibur bersama keluarga atau kerabat. Nah untuk di Indonesia bisa kita siasati dengan mengambil cuti atau libur tambahan supaya kualitas hidup kita juga bisa seimbang tidak melulu tentang bekerja dan belajar, terkadang kita juga butuh hiburan kan. 

 

Kebiasaan unik orang Jepang ketika mengatasi stres dengan terapi dupa/Canva

Kebiasaan unik orang Jepang ketika mengatasi stres dengan terapi dupa/Canva

 

5. Terapi Dupa 

Nah, tips yang kelima mungkin masih terdengar asing untuk orang Indonesia namun hal ini sering dilakukan orang Jepang untuk mengatasi masalah stres di kehidupan mereka. Terapi dupa dilakukan dengan membakar dupa aromatik dan mencium aromanya untuk membantu tubuh kita agar lebih rileks dan menghilangkan stres.

Baca Juga: Masih Stres Pasca Liburan? Mungkin Kamu Kena Gejala Holiday Fatigue!

Ada beberapa pilihan dupa aromatik yang bisa kamu gunakan seperti aroma kayu, aroma sakura, aroma lavender, dan aroma lainnya yang bisa disesuaikan dengan wangi favorit kamu. 

Nah, itulah 5 cara atau kebiasaan orang Jepang dalam mengatasi stres di kehidupan sehari-hari mereka yang bisa kita tiru. Perlu diingat, jangan sampai mengabaikan stres terlalu lama karena bisa berdampak buruk bagi mental dan juga kesehatan. Hiduplah dengan seimbang ya Be-emers! 









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung