Masih Stres Pasca Liburan? Mungkin Kamu Kena Gejala Holiday Fatigue!

Stress saat liburan bisa kamu terkena gejala Holiday Fatigue, Cek gejala kena holiday fatigue di sini (Sumber gambar: iStockphoto/KSChong)

Stress saat liburan bisa kamu terkena gejala Holiday Fatigue, Cek gejala kena holiday fatigue di sini (Sumber gambar: iStockphoto/KSChong)

Like

Liburan udah jadi kegiatan wajib tiap orang buat ngelepas semua rasa capek dan beban-beban pikiran. Setidaknya kita perlu menyisihkan waktu sementara untuk rehat setelah menjalani kehidupan yang cukup melelahkan. 

Setelah liburan, harapannya kita bisa mendapatkan kembali energi yang sudah terisi full untuk melanjutkan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Namun, biasanya muncul momen-momen sedih, stress, dan jadi tidak semangat yang disebut dengan Post-Holiday Blues

Akan tetapi, ada juga orang yang justru mengalami stres setelah liburan. Kondisi ini dinamakan Holiday Fatigue.

Fenomena yang mana tubuh merasa kelelahan, stress berlebihan, dan cenderung tidak senang saat diajak liburan. Holiday Fatigue ini bahkan dapat dikategorikan sebagai gangguan kesehatan mental dengan jangka waktu pendek. 


Seseorang yang mengalami gejala seperti itu merasa kalau liburan sama saja dengan membuang-buang waktu. Biasanya, mereka jadi lebih menyendiri atau ikut bergabung dengan yang lain tapi isi pikirannya karut-marut. Kalau tidak cepat diatasi, bakal bisa berbahaya karena berujung depresi dan cemas berlebihan.

Lalu, apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami Holiday Fatigue? Simak di bawah, ya!

Baca Juga: Habis Liburan Kok Sedih? Ini Cara Mencegah Post Holiday Blues


Kenapa Bisa Terkena Holiday Fatigue?

Fenomena Holiday Fatigue ini hal yang wajar saat liburan. Penyebabnya utamanya itu karena tubuh kamu belum siap mengikuti perubahan yang baru setelah biasanya melakukan rutinitas setiap hari.

Perubahan rutinitas ini seperti pola tidur yang biasanya kamu tidur 7-8 jam setiap hari, tiba-tiba jadi berubah karena begadang untuk sekedar menonton film atau bermain game.

Selain perubahan jam tidur, pola makan juga jadi tidak teratur dan sembarangan. Terlebih saat liburan sering makan dengan pola yang lebih meningkat dari sebelumnya. Diperparah dengan tidak ada jadwal olahraga yang membuat tubuh kamu jadi makin ke trigger

Beberapa orang mungkin merasa kegiatan tersebut menyenangkan karena bisa menikmati masa-masa santai tanpa memikirkan pekerjaan, namun bagi mereka yang tidak terbiasa bisa merasa kewalahan sendiri.

Enggak cuma perubahan rutinitas, Holiday Fatigue juga bisa terjadi karena kamu punya ekspektasi yang terlalu tinggi dari liburan tersebut. Jadi, apa yang kamu harapkan ternyata tidak berbuah kenyataan dan sesuai rencana yang berujung jadi kurang semangat ketika liburan.