Ngedate Bareng Pasangan, Ini Tips Menyiapkan Anggaranya!

pexels-vjapratama

pexels-vjapratama

Like

Ngedate bareng pasangan adalah salah satu cara untuk mempererat hubungan dan menghabiskan waktu bersama dengan menyenangkan. Namun, terkadang kegiatan ini bisa menimbulkan beban finansial jika tidak dikelola dengan baik.

Dulu,  ngedate dengan pasangan biasanya pihak pria yang bayar.  Hal ini untuk menunjukkan prestise atau gengsi dari seorang lelaki.

Namun, di era digital saat ini,  ngedate dengan pasangan tidak selalu pihak lelaki yang bayar  Semuanya tergantung kesepakaratan, bayar sendiri-sendiri, atau gentian. 

Sebenarnya untuk membina hubungan dengan cara berpacaran tak membutuhkan dana besar, yang penting pemenuhan quality time, dan bahasa kasih yang selalu dibina .

Ada “five love languages” yang sangat bermakna yaitu waktu berkualitas, tindakan melayani, sentuhan fisik, kata-kata penguatan dan pemberihan hadiah.   


Meskipun cinta butuh biaya tapi bukan berarti selalu biaya jadi segala-galanya. Berikut beberapa tips sederhana untuk mengontrol budget saat ngedate dengan pasangan:

Baca Juga: The Nuruls, Sebutan Khusus Buat Cewek Pecinta Seblak?


1. Membuat Anggaran

Langkah pertama untuk mengontrol budget ngedate adalah dengan membuat anggaran yang jelas. Tentukan jumlah maksimal yang bisa dikeluarkan untuk setiap kali ngedate dan berdiskusilah dengan pasangan mengenai anggaran ini.


2. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Sebelum merencanakan ngedate, identifikasi kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan kegiatan atau tempat yang penting bagi kalian berdua dan hindari menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang penting.
 

3. Gunakan Alternatif Murah atau Gratis

Tidak semua ngedate harus mahal. Cari kegiatan atau tempat yang murah atau bahkan gratis. Misalnya, piknik di taman, jalan-jalan di sekitar kota, atau menonton film di rumah dengan makanan yang sudah disiapkan sendiri.