Sebelum Resign, Pertimbangkan 7 Hal Ini Supaya Enggak Nyesel!

Like

4. Siapkan Curriculum Vitae (CV)

Jangan lupa untuk memperbarui CV Anda. Pastikan informasi yang ada di dalamnya akurat dan mencerminkan pengalaman serta keterampilan terbaru Anda.

CV yang baik dapat membuat Anda lebih mudah diterima di tempat kerja baru.

 

5. Siapkan Dana Darurat

Mengundurkan diri dari pekerjaan bisa berisiko, terutama jika Anda belum memiliki pekerjaan baru yang sudah pasti. Pastikan Anda memiliki dana darurat yang cukup untuk menutupi biaya hidup selama periode pencarian pekerjaan. Idealnya, simpan dana darurat yang cukup untuk setidaknya 3-6 bulan.


Baca Juga: Pengin Resign? Coba Dulu Jawab 6 Pertanyaan Ini!

 

6. Buat Surat Lamaran

Siapkan surat lamaran untuk pekerjaan baru. Surat ini harus jelas dan mencerminkan alasan Anda mencari pekerjaan baru serta mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar.


Pastikan surat lamaran Anda profesional dan tidak mengandung elemen negatif tentang pekerjaan lama Anda.

 

7. Resign Tanpa Pesangon

Meskipun Anda sudah bekerja lama di suatu perusahaan katakan 10-20 tahun, tetapi jika Anda ingin mengundurkan diri, artinya tidak ada pesangon yang diberikan oleh perusahaan.

Hal ini karena atas kehendak pribadi bukan karena PHK dari pihak perusahaan. Apabila Anda sudah mendekati masa pensiun, kenapa tidak mempertimbangkan untuk menunggu sampai masa pensiun tiba. 

Anda akan punya hak untuk dana pensiun yang dapat digunakan sebagai modal untuk menghadapi masa pensiun.

Dengan mempersiapkan hal-hal di atas, Anda dapat mengurangi stres dan memastikan proses resign berlangsung dengan lancar. Selamat mempersiapkan langkah baru dalam karier Anda!





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung