Mencegah Burn Out di Tempat Kerja, 3 Langkah Menjaga Kesehatan Mental!

cegah stress di tempat kerja (gambar:freerange.com)

cegah stress di tempat kerja (gambar:freerange.com)

Like

Selain kesehatan fisik dan jasmani penting juga untuk menjaga kesehatan mental dan pikiran. Mungkin pembaca tidak bekerja dengan fisik tapi lebih menggunakan pikiran dan mental namun menurut para ahli beban pikiran berdampak juga pada kesehatan fisik.

Terdengar sepele namun akan bahaya jika diabaikan. Lelah secara fisik bisa diatasi dengan istirahat yang cukup namun berbeda dengan lelah mental dan pikiran.
 
Kamu harus sudah bisa memilah mana saja, kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya stress secara berlebihan.

Untuk sesaat kamu boleh stress, namun kamu harus bisa mengatasi stress tersebut untuk tidak terjadi dalam waktu yang lama.

Manusia bisa mengatasi stres namun tidak terus menerus. Perlu mengenali dan memahami diri sendiri sejauh mana batasan pikiran dan mental menghadapi stress yang berlebih.
 

Mencegah Burn Out di Tempat Kerja

Beberapa hal berikut mungkin pembaca dapat terapkan untuk mencegah burn out di tempat kerja.

Ambil Cuti tahunan

Setiap karyawan memiliki hak cuti dalam satu tahun yang diberikan oleh perusahaan. Hak cuti ini dapat diambil dalam tahun tersebut atau disimpan untuk tahun berikutnya atau bahkan diuangkan.

Menurut penulis ambil hak cuti tersebut untuk melakukan penyegaran kembali. Lakukan hal-hal yang disukai dan disenangi selama menggunakan cuti. Terkadang kita butuh rehat sejenak dari rutinitas. Tekanan yang didapat selama bekerja dapat hilang selama cuti.