5 Tips Mengatur Waktu Agar Efektif dan Efisien yang Bisa Kamu Terapkan

Ilustrasi cara mengatur dan mengelola waktu agar efektif (Foto Freepik.com)

Ilustrasi cara mengatur dan mengelola waktu agar efektif (Foto Freepik.com)

Like

Mengatur waktu merupakan suatu skill yang sangat dibutuhkan saat ini. Mengatur dan mengelola waktu mempunyai manfaat yang cukup penting bagi kehidupan kita seperti dapat segera menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan meningkatkan produktivitas.

Serta dapat mengurangi stress dan kecemasan yang terjadi akibat menumpuknya tugas atau pekerjaan. Berikut ada 5 cara agar kita bisa mengatur waktu kita dengan baik.  
 

5 Cara Mengatur Waktu Agar Efektif dan Efisien

Berikut adalah 5 cara untuk mengatur waktu agar efektif dan efisien yang dapat dilakukan: 

1. Tetapkan tujuan atau target yang jelas

Menentukan tujuan dan target dari aktivitas dengan jelas, baik tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Hal ini akan membantu kita tetap fokus dalam menggunakan waktu sehingga penggunaan waktu dapat diatur secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga dan Tips Menyeimbangkan Karirnya!
 

2. Memahami dan menjalankan skill manajemen waktu

Menurut laman PPM School of Management yang dimaksud dengan manajemen waktu adalah ketrampilan untuk mengelola waktu yang ada secara efektif untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi stress dan mencapai target yang dituju.

Ada beberapa skill dalam menjalankan manajemen waktu, seperti membuat daftar prioritas dan membuat jadwal harian, atau bisa juga dengan mendelegasikan tugas. Selain itu ada pula sebuah teknik yang dikenal dengan teknik pomodoro, yaitu untuk beristirahat di sela-sela aktivita dan mempunyai manfaat untuk menjaga fokus.