Jika Jadi Korban Bullying, Ini yang Mesti Korban Lakukan!

Like

Apa yang harus kamu lakukan untuk mencegah Bullying?

1. Bela Diri

Walaupun kamu seorang perempuan jika merasa perlu kamu harus belajar ilmu bela diri. Tidak perlu malu dan tidak perlu merasa menjadi perempuan yang kasar karena bela diri menjadi hal yang dibutuhkan jika di lingkungan kamu sering terjadi perundungan.

Perundungan mungkin awalnya hanya berupa verbal namun jika dibiarkan pelaku perundungan akan merasa tinggi hati dan biasa saja saat melakukan perundungan maka dari verbal akan menjadi perundungan fisik. Jika diperlukan maka kamu dapat melakukan seni bela diri sebagai bentuk pembelaan diri kamu.
 

2. Bergabung Komunitas atau organisasi

Bergabung dengan komunitas yang positif dan dapat meningkatkan hubungan kamu dengan sesama anggota komunitas menjadikanmu menjadi kelompok yang kuat.

Seorang pelaku perundungan mungkin akan melihat kamu sebagai seseorang yang berada dalam kelompok serigala dibandingkan kamu tidak bergabung dengan komunitas atau organisasi apapun maka pelaku perundungan melihat kamu seperti seekor domba yang tidak dilindungi.
 

3. Lapor kepada orang tua

Mungkin bagi sebagian orang berat untuk bercerita kepada orang tua tentang masalah pribadi yang terjadi. Menganggap kalau bercerita kepada orang tua adalah hal yang dilakukan anak kecil dan tidak dewasa.

Baca Juga: Mencegah Bullying di Kampus, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!


Sebenarnya tidak dengan kamu lapor kepada orang tua tentang perundungan yang kamu alami maka orang tua dapat memberimu dukungan dan perlindungan terlebih jika aksi perundungan sudah sangat berlebihan dan memberikan tekanan psikologis.
 

4. Bawa ke Ranah Hukum

Maraknya kasus perundungan membuka mata pemerintah dan penegak hukum sehingga menjadikan kasus perundungan menjadi kasus kriminal yang dapat dihukum pidana terlebih jika sudah menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.

Jika kamu sudah tidak tahan dan perundungan sudah sangat berlebihan sudah saatnya kamu lapor kepada pihak berwajib dan meminta perlindungan dari mereka.

Efek jera mungkin bisa menghentikan pelaku untuk berhenti melakukan perundungan dan memberikan contoh kepada orang lain kalau perundungan sangat berbahaya dan merupakan perbuatan buruk.
 
Penulis sendiri pernah mengalami kisah perundungan pada masa SMP dan SMA, peristiwa tersebut meninggalkan trauma dan luka yang tidak bisa sembuh dan pulih untuk waktu yang lama.

Semoga dengan adanya kasus ini membuka mata banyak pihak terutama institusi pendidikan bahwa perundungan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

Perundungan rentan terjadi jika semua pihak mewajarkan senioritas dan menutup mata sampai menelan korban. Jika sudah menelan korban maka akan mengarah kepada bentuk kriminalitas baru dan masuk ke ranah pidana. 














----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung