Pengin Bisnismu Aman, Udah Daftar Trademark Belum?

Like

Sayangnya kesadaran Masyarakat kita masih rendah akan trademark sehingga masyarakat kita yang sudah memiliki usaha dan bisnis banyak yang ditiru oleh perushaan-perusahaan besar dan akhirnya kalah dalam hal branding dan marketing.

Hal ini tentu sangat buruk bagi para pelaku usaha. Jika kamu sudah memiliki trademark maka akan mudah bagi kamu untuk membangun branding yang kuat untuk bisnismu yang akhirnya akan menciptakan hubungan emosional dan keterikatan psikologis antara bisnismu dengan masyarakat.

Jika kamu tertarik maka kamu dapat mendaftarkan trademark milikmu ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) baik secara offline maupun online. Pemerintah membuka peluang untuk mendaftarkan trademark para pelaku bisnis.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Trademark, Dijamin Bisnis Kamu Punya Perlindungan Hukum yang Kuat!
 

Bagaimana Menciptakan Trademark yang Ideal

Tentukan target pasar bisnis milikmu, jika targetmu untuk kalangan menengah bawah maka jangan terlalu mewah dan berkesan selera kelas atas begitu juga sebaliknya.

Jangan menggunakan terlalu banyak kata serapan asing karena bisa membuat masyarakat akan kebingungan dalam menentukan produk apa yang dihasilkan bisnismu, makanan, kosmetik atau yang lainnya.


Penggunaan warna dan gambar secukupnya memberikan kesan sederhana sehingga mudah untuk diingat oleh masyarakat. Yang terakhir konsultasikan trademark milikmu ke konsultan bisnis, desainer grafis dan adakan sedikit riset dan survei agar kamu lebih yakin jika trademark milikmu sudah sesuai dengan bisnismu.












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung