Trademark jadi Perlindungan Bisnis: Intip Fungsi Bagi Produsen dan Konsumen

Like

Fungsi merek dagang bagi konsumen

Berikut adalah beberapa fungsi merek dagang bagi konsumen. Selain memudahkan untuk menemukan ciri khasnya, merek dagang berfungsi: 
 

Mempermudah pengidentifikasian juga menjadi simbol harga diri. 

Merek yang punya branding kuat di masyarakat cenderung lebih diingat dan dilirik oleh masyarakat.  Selain itu seolah pelanggan memilih merek dagang tertentu karena ia menganggap kualitasnya dapat dipercaya.
 

First to file

Merupakan sistem pendaftaran pertama yang diberikan prioritas dalam memperoleh hak atas merek. Ini berarti yang mendaftar duluan yang menang, meskipun misalnya pendaftar pertama itu bukan penemu sesungguhnya.
 

Perlindungan keamanan

Mendaftarkan merek dagang memang membutuhkan anggaran. Tetapi ini lebih baik disiapkan dan diprioritaskan sebelum mengalami kerugian yang lebih besar.

Hal ini karena banyak kasus dalam era digital ini di mana pihak yang bukan pemilik merek mendaftarkan lebih dulu merek tersebut dan kemudian menjualnya kepada pemilik merek yang sebenarnya, sehingga merugikan pemilik merek yang sebenarnya.

Baca Juga: Manfaat Trademark untuk Bisnis, Ini yang Mesti Kamu Pahami

Pendaftaran merek dagang bahkan disarankan sejak masih dalam ide di pikiran kita

 

Hal yang perlu didaftarkan

Berikut adalah hal-hal yang bisa didaftarkan bersamaan dengan merek dagang
  1. Merek dagang. Contohnya adalah merek barang atau jasa itu sendiri.
  2. Gambar industri. Contohnya adalah gambar-gambar pada kemasan, gambar di logo, atau gambar-gambar yang berkaitan dengan brand barang atau jasa
  3. Bentuk/desain industri. Ini bisa berupa bentuk kemasan atau bentuk produknya.
  4. Rahasia resep/formula. Resep-resep produk, contohnya resep makanan atau formulasi obat juga bisa didaftarkan.
  5. Rahasia dagang. Ini termasuk suplier-suplier yang murah, itu termasuk merk dagang. Dokumen-dokumen. Informasi-informasi rahasia yang memiliki nilai ekonomi





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung