Trademark jadi Perlindungan Bisnis: Intip Fungsi Bagi Produsen dan Konsumen

Pentingnya pendaftaran merek dagang. Sumber gambar: Adobe Express

Pentingnya pendaftaran merek dagang. Sumber gambar: Adobe Express

Like
Merek merupakan sebuah tanda baik berupa gambar logo, susunan huruf, dan susunan warna dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi untuk membedakan barang atau jasa satu dan lainnya.
 
 

Fungsi merek dagang bagi produsen

Berikut ini adalah beberapa fungsi merek dagang bagi produsen (pemilik usaha) selain sebagai pelindung hukum: 
 

Tanda pengenal kepemilikan

Merek dagang menandai kepemilikan tertentu atas produk, layanan, atau kegiatan suatu perusahaan. Ini memberikan pengenal yang dapat diikatkan dengan reputasi dan kualitas merek.
 

Promosi dan meningkatkan penjualan

Merek dagang dapat membantu pembeli membedakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tertentu. Hal ini menjadi faktor penting dalam membuat keputusan belanja.

Baca Juga: Biaya Mendaftar Trademark, Berapa Besaran yang Harus Disiapkan?
 

Keamanan

Merek dagang memberikan perlindungan hukum terhadap penggunaan tidak sah dari merek. Hal ini menjamin bahwa perusahaan tersebut tidak dapat dipukul oleh pihak lain yang mencuri merek mereka.
 
 

Nilai

Merek dagang merupakan aset penting bagi perusahaan karena memiliki nilai. Jika merek dagang yang kita gunakan dikenal oleh masyarakat luas, maka nilainya akan semakin tinggi, Nilai jualnya pun akan semakin mahal. 
 

Persaingan

Merek dagang dapat membantu perusahaan menjaga keunggulan kompetitif terhadap pesaingnya. Ini juga mengurangi kemungkinan konfusi pengguna dalam memilih produk atau layanan.
 

Pembeda produk

Merek dagang berfungsi untuk menjadi pembeda antara produk satu dengan produk yang lain yang memiliki bentuk serupa akan tetapi dihasilkan oleh suatu badan usaha yang berbeda.