
Enggak terasa ya, kini Bisnis Muda berulang tahun yang ketiga, lho!
Sebagai platform komunitas Bisnis.com yang merupakan bagian dari Bisnis Indonesia Grup, Bisnis Muda mau merayakan ulang tahun bareng kamu dengan menyelenggarakan BM Day #GrowingTog3ther
BM Day merupakan acara tahunan Bisnis Muda yang mengedukasi sekaligus menghibur. Pastinya, seru banget!





Vote for Your Favorite Local Brand!
Sebagai bentuk apresiasi terhadap produk dalam negeri, kamu bisa vote merek lokal untuk mendapatkan penghargaan di Bisnis Muda Award 2023.
Bisnis Muda Award 2023 merupakan rangkaian acara BM Day untuk mengapresiasi merek lokal yang telah berkontribusi pada perekonomian Indonesia.
Penghargaan ini juga bertujuan menginspirasi anak muda untuk bangga pada merek lokal yang mampu bersaing di pasar internasional dan percaya diri untuk membangun usaha.










Berteman sejak masa kuliah dan meraih gelar Master of Bisnis & Administration (MBA), membuat James Prananto dan Edward Tirtanata memutuskan untuk berbisnis bersama di bidang food & baverage (F&B).
Menggandeng Cynthia Chaerunnisa, ketiganya kini dikenal sebagai 3 sosok milenial kreatif di balik kesuksesan Kopi Kenangan, yang mana kini sudah punya lebih dari 500 gerai dan menyandang status unicorn untuk sektor startup kuliner.
Selain menu Es Kopi Kenangan Mantan yang jadi signature, Kopi Kenangan juga punya menu favorit lainnya seperti Salted Caramel Machiato, Kenangan Milk Tea, hingga Raspberry Hibicus Lemon Tea. Bahkan, kini ada menu roti dan soft cookies juga yang bisa kamu nikmati, lho!


Hadirnya Waroeng Steak & Shake di awal era 2000-an, menjadi suatu gebarkan baru dimana makan steik enggak harus fancy! Warung makan asal Yogyakarta ini didirikan oleh Jody Brotosuseno, yang mana sebelumnya meneruskan bisnis restoran steik milik orang tuanya, yakni Obonk Steak.
Harganya yang terjangkau dan menu steik yang bervariatif, membuat Waroeng Steak & Shake digemari banyak orang, terutama anak muda! Enggak heran, Waroeng Steak & Shake berhasil memecahkan rekor MURI sebagai resto steik dengan cabang terbanyak, lho!
Steak Ala Waroeng, alias signature menu Waroeng Steak & Shake punya ciri khas yakni daging steak dilapisi tepung krispi, yang bikin sensasi makan steik kamu beda dari tempat lainnya! Selain itu, kamu juga bisa menikmati steak grill lokal, impor, hingga aneka menu yang disajikan dengan nasi.


Kalau kamu aktif di media sosial, Menantea merupakan bisnis kuliner yang didirikan oleh YouTuber Jerome Polin bersama sang kakak, Jehian Sijabat. Menantea pun hadir dengan menu teh fusion yang “kekinian.”
Nama-nama makanan dan minuman di menu Menantea juga unik dan menyesuaikan background Jerome yang jago matematika dan kuliah di Jepang. Misalnya ada minuman dengan nama Konnijiwa, StatisTEAka, hingga InTEAgral dan MatemaTEAka yang jadi signature menu mereka.
Menantea juga membuka kesempatan bisnis dengan menyediakan franchise, lho! Enggak heran, sejumlah penghargaan diraih, termasuk The Most Innovative Franchise Brand 2021.


Restoran cepat saji yang menghadirkan menu ayam goreng pastinya sudah banyak. Namun, yang menyajikan menu ayam goreng dilapisi saus pedas dan punya tingkat level berbeda, ya cuma Richeese Factory!
Selain menu pedasnya, salah satu yang bikin Richeese Factory beda dari resto cepat saji lain adalah dengan adanya sajian saus keju di setiap menunya. Bahkan, kini ada menu viral lainnya dari Richeese Factory, yaitu Flying Chicken alias satu ekor ayam goreng utuh!
Adapun, resto yang eksis sejak Februari 2011 ini pernah meraih Bronze Medal untuk kategori Indonesian Fast Food Restaurant. Sesuai namanya, Richeese Factory ini adalah jaringan restoran di bawah naungan PT Kaldu Sari Nabati Indonesia yang memproduksi wafer Richeese.


Kopi kini sudah menjadi gaya hidup. Namun, Janji Jiwa enggak hanya menjadikan kopi sebagai menu andalan, melainkan toast alias roti panggang!
Pertama kali didirikan oleh Billy Kurniawan di ITC Kuningan tahun 2018, nama “Janji Jiwa” merupakan refleksi sang founder yang berjanji dari hati terdalam untuk menyajikan kopi sebagai salah satu passion.
Selain harganya yang terjangkau, menu di Janji Jiwa pun bervariasi. Mulai dari es kopi susu, es madu yuzu, hingga es susu matcha. Janji Jiwa pun jadi kedai kopi lokal yang berhasil dapat rekor MURI di tahun 2019 dan Top Brand di tahun 2020-2021.


Wardah adalah brand kosmetik Indonesia milik Nurhayati Subakat yang diluncurkan sejak tahun 1995. Brand ini selalu mengedepankan kualitas terbaik untuk mendukung para perempuan agar tampil cantik dan percaya diri sesuai dengan karakternya. Wardah menciptakan campaign ‘Wardah Inspiring Movement’ dengan sebuah gerakan kebaikan yang mengajak customernya untuk bersama-sama berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di segala bidang seperti pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, hingga lingkungan.
Bukan hanya di Indonesia, brand Wardah sudah meluncurkan produknya hingga Negeri Jiran. Herman Subakat selaku CEO Paragon Group mengatakan bahwa perusahaan sangat optimis untuk membuka pasar yang lebih luas di mancanegara lainnya. Sehingga bisa berkontribusi untuk perekonomian di Indonesia.
Wardah Cosmetics memiliki banyak varian produk dengan kegunaan yang beraneka ragam. Mulai dari skin care acne series, produk lightening, anti aging, nature daily hingga produk make up natural yang cocok untuk wanita Indonesia.


Nurhayati Subakat meluncurkan brand Emina Cosmetics sejak tahun 2015 yang berada dibawah naungan PT. Paragon Technology & Innovation. Emina menjadi salah satu brand kosmetik terbaik dengan mengedepankan konsep cute girly dan keceriaan. Brand ini sangat cocok untuk kalangan remaja dan wanita muda yang selalu bersemangat dalam mencoba hal-hal baru.
Taglinenya ‘Born to be Loved’ Emina selalu mengingatkan bahwa setiap wanita memiliki kecantikan dan keunikan yang terpancar dari diri masing-masing. Emina membantu para remaja untuk berani tampil beda dan percaya diri dengan makeup yang simple dan playful.
Emina Cosmetics memiliki banyak varian kosmetik hingga skincare. Mulai dari lipstick, bedak, masker, lip serum, lip tint, moisturizer, hingga sunscreen yang bisa membantu merawat kulit cantik sehatmu!
Harga yang ditawarkan oleh produk ini sangat terjangkau dan pas di kantong pelajar. Dengan kisaran harga IDR 20.000 hingga IDR 70.000 saja!


Kosmetik sudah jadi kebutuhan primer untuk beberapa wanita di Indonesia. Tidak heran kalau Irene Ursula selaku founder produk Somethinc terus berinovasi menciptakan produk \ kosmetik terbaiknya.
Somethinc merupakan brand kosmetik lokal yang diluncurkan pada tahun 2019. Selain make up produk ini berfokus pada beberapa permasalahan pada kulit di wajah. Somethinc memiliki beragam jenis varian produk yang bisa membuat dirimu cantik dan glowing. Mulai dari serum, essence, toner, mascara, foundation hingga setting spray.
Hingga kini Somethinc Cosmetics memiliki lebih dari 140 produk yang sudah terdaftar BPOM dan bersertifikasi halal. Menariknya, Somethinc memiliki keunggulan tersendiri di setiap produknya. Dengan kandungan bahan aktif berkualitas yang belum banyak dipakai oleh produk kosmetik lainnya.
Di tahun 2021 Somethinc berhasil tumbuh pesat dan meraih Top 1 pangsa pasar di Indonesia. Brand lokal ini memiliki cara tersendiri untuk menjaga hubungan baik dengan para reseller. Mulai dari edukasi mengenai produk, program pendamping bisnis hingga mengadakan acara perkumpulan khusus untuk reseller Somethinc.


Pixy adalah merek kosmetik lokal Indonesia yang diproduksi oleh PT Mandom Indonesia Tbk yang merupakan bagian dari Mandom Corporation Japan. Perjalanan Pixy diawali dengan peluncuran produk moisturizer lipstik di tahun 1987 kemudian disusul dengan beberapa produk lainnya yang eksis hingga kini.
Produk ini adalah brand kosmetik yang mendukung penampilan modern dengan tema feminim, chic, dan elegan. Pixy menyediakan banyak rangkaian kosmetik mulai dari skin care, make up, hingga decorative make up.
Di tahun 2014 Pixy menerima penghargaan Social Media Award dengan kategori bedak wajah dan lipstik. Hal ini diperoleh berdasarkan banyaknya perbincangan positif di social media mengenai produk Pixy Cosmetics. Hasil tersebut diriset langsung oleh Index Earned Media Share of Voice by Sentimen.
Taglines “My Beauty, My Energy” menggambarkan bahwa cantiknya perempuan Asia bisa menginspirasi dan memberikan energi positif kepada orang-orang di sekitar untuk menggapai mimpi.
Pixy Cosmetics memiliki beberapa produk terbaik yang menjadi pilihan customer. Mulai dari Pixy Make It Glow Skin Primer, Dewy Cushion, Whitening Concealing Base, hingga Pixy Aqua Beauty Protecting Mist.


Brand lokal satu ini didirikan oleh seorang laki-laki bernama Achmad Nurul Fajri pada Desember 2015. Luxcrime menjadi salah satu brand kosmetik lokal yang terkenal, menawarkan berbagai macam produk yang memiliki kualitas sebanding dengan merek-merek internasional. Mulai dari bedak padat, pensil alis, blush on, lipstik hingga setting spray yang laris dijual secara online.
Taglinenya “I, Make Up, Skin, Happy” memiliki arti bahwa Luxcrime menyediakan rangkaian lengkap produk dari perawatan kulit hingga kosmetik yang dapat menyenangkan dan membuat bahagia saat mereka melihat, menyentuh, dan menggunakan produk Luxcrime.
Hingga kini, produk Luxcrime Cosmetics telah sukses dan memperoleh banyak penghargaan. Mulai dari Sociolla Awards dalam kategori, Female Daily Award dalam kategori Best Eyebrow, hingga Official Award dari Beautyfest Asia dalam kategori Best Highlighter.
Ada beberapa produk Luxcrime yang menjadi kecintaan banyak orang dan mendapat review positif. Mulai dari Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake, Ultra Light Lip Stain, hingga Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer yang menjadi favorit banyak orang.


Hadirnya produk kecantikan Scarlett Whitening milik artis cantik papan atas Felicya Angelista telah mencuri perhatian masyarakat sejak awal kemunculannya. Scarlett Whitening menjadi salah satu brand skincare lokal yang hadir untuk membantu menutrisi kulit.
Munculnya produk Scarlett berawal dari banyaknya pertanyaan yang muncul di akun social media milik Felicya terkait perawatan kulit yang digunakannya. Ternyata, hal tersebut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi Felicya selaku owner Scarlett Whitening.
Harganya yang cukup terjangkau dan jenis produk yang bervariasi, membuat Scarlett Whitening digemari banyak orang.
Berbeda dari kosmetik lokal lainnya, Scarlett Whitening menggunakan artis korea sebagai brand ambassador untuk mempromosikan produknya seperti Song Joong Ki dan TWICE girl band asal Korea.
Scarlett Whitening memiliki beberapa produk terlaris seperti Scarlett Whitening x TWICE Brightly, acne serum, glowtening serum, hingga body lotion yang sangat terkenal.


Kalau kamu ingin merawat kulit agar tetap sehat dan wangi Bonavie bisa menjadi produk yang tepat untukmu!
Bonavie merupakan produk skin care kecantikan yang berdiri sejak tahun 2016 dan berada di bawah naungan DECA Group.
Bonavie memiliki misi untuk menciptakan produk berkualitas tinggi dan memformulasikan parfum mewah Eropa sebagai skin care yang dapat membuat hasil kulit menjadi lebih sehat dan cerah.
Di tahun 2022 Bonavie berkolaborasi dengan rumah produksi MTV Entertainment Studios berupa rangkaian body wash. Bonavie menjadi brand perawatan pertama yang bekerja sama dengan serial populer Hollywood Emily In Paris.
Ada beberapa rangkaian produk Bonavie yang bisa kamu dapatkan, seperti Bonavie Body Lotion, Bonavie Body Mist, hingga Bonavie Package Poison od Fleur du Jardin.


Sensatia Botanicals ditemukan di desa kecil bernama Jasri di Karangasem, Bali, pada tahun 2000.
Munculnya produk Sensatia Botanicals berawal dari keinginan Michael R. Lorenti selaku owner untuk menghasilkan produk kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami.
Dimulai dengan tim kecil yang memproduksi sabun mandi yang terbuat dari minyak kelapa. Ternyata keberhasilannya dalam memproduksi sabun alami berdampak besar pada penjualan. Sensatia Botanicals menghasilkan produk yang bersih, sederhana, namun kaya akan bahan baku berkualitas tinggi dan tanpa melalui percobaan kepada hewan.
Hingga saat ini 20% dari pemasukan perusahaan masih dibagikan secara langsung kepada karyawan. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas lokal karena mayoritas karyawan Sensatia Botanicals merupakan warga sekitar Desa Jasri.
Varian produk Sensatia Botanicals mengandung bahan-bahan alami seperti green tea & tamarind, honey, vanilla & coconut, eucalyptus hingga pomegranate.


Produk kecantikan MS Glow memulai perjalannya sejak tahun 2013. Nama MS Glow sendiri berasal dari mottonya yaitu ‘Magic for Skin’ yang dimana produk ini ingin memberikan perawatan terbaik untuk wanita-wanita Indonesia.
Hingga kini MS Glow telah melakukan banyak inovasi pada produknya. Bukan hanya menyediakan produk perawatan wajah dan tubuh, kini produknya sudah merambah ke dunia kosmetik.
Mungkin beberapa dari kamu sering melihat gerai MS Glow ada dimana-mana. Ternyata, hal ini menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh kedua owner-nya yakni Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala Dewi untuk mempromosikan produknya. MS Glow memiliki distributor, agen, member, dan reseller resmi di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan produk MS Glow sudah tersebar hingga mancanegara.
MS Glow memiliki varian jenis produk mulai dari MS Glow untuk perawatan di wajah, MS Bodycares, MS Cosmetics, hingga MS Slim.


Herborist merupakan brand perawatan lokal Indonesia yang diproduksi oleh PT Victoria Care Indonesia Tbk. Herborist adalah produk perawatan tradisional Bali dengan kandungan bahan-bahan alami yang dapat membuat kulit halus dan bersih.
Gustav Sapta Nanda selaku Business Development Manager Oemah Herborist mengatakan bahwa produk Herborist memiliki rangkaian paket zaitun yang bisa membantu menutrisi dan menjaga kesehatan kulit masyarakat Indonesia.
Adapun, Herborist menyediakan berbagai varian produk skin care seperti Body Butter Zaitun, Sabun Sere, Facial Foam Tea Tree, Body Butter Chocolate, hingga Body Lotion Coconut. Kini produk Herborist telah tersedia di 57 gerai yang tersebar di Indonesia.


Eksis sejak 1989, nama “Eiger” terinspirasi dari nama Gunung Eiger di Swiss, yang mana dikenal sebagai salah satu gunung tersulit untuk didaki di dunia. Namun, Eiger enggak hanya menyediakan produk untuk kegiatan pendakian (mountaineering).
Usaha fashion lokal yang telah mendunia dan didirikan oleh Ronny Lukito ini juga menyediakan produk yang fokus pada penjelajahan sepeda motor (riding). Ada juga Authentic 1989, yang merupakan produk dengan gaya klasik, kasual, dan stylist untuk para pecinta kegiatan petualangan alam.
Enggak cuma mendukung kegiatan petualangan alam, Eiger juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan, lho! Konsep ransel eco-friendly dari Eiger Adventure pun berhasil meraih penghargaan Indonesia Good Design Selection Award tahun 2020.


Eksis sejak 2011, Erigo kini jadi salah satu bisnis fashion lokal yang sukses mengkampanyekan brand-nya secara internasional dengan tampil mewakili Indonesia di New York Fashion Week dua tahun berturut-turut.
Brand fashion yang didirikan oleh Muhammad Sadad ini juga selalu berinovasi, dengan menghadirkan produk baru setiap tahunnya. Bahkan, Erigo juga selalu melakukan sesi photoshoot untuk koleksi produk terbarunya.
Adapun, Erigo menghadirkan produk fashion seperti t-shirt, jaket, hoodie, celana, topi, tas, hingga sandal. Kini, Erigo juga merambah produk parfum, lho!


Mengusung konsep casual with a twist, produk fashion Cotton Ink cocok untuk perempuan yang bergaya simple tapi tetap trendy. Enggak hanya di Indonesia, produk Cotton Ink juga telah dikirim hingga ke Australia, Asia Tenggara, hingga Eropa.
Brand fashion yang telah mendunia ini, awalnya hanya menjual t-shirt bergambar dan syal, lho! Uniknya, kini Cotton Ink juga berinovasi dengan menghadirkan fashion untuk ibu dan anak.
Didirikan oleh Carline Darjanto sejak 2008, Cotton Ink eksis di platform e-commerce cottonink.co.id dan store di sejumlah mall di Jakarta. Selain produk kemeja dan t-shirt, Cotton Ink juga menghadirkan produk aksesoris seperti kalung, anting, heel, hingga masker.


Merupakan produk lokal asal Bandung, 3Second awalnya hanya memproduksi pakaian polos tanpa merek dan didistribusikan di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta.
Eksis sejak 1997, 3Second sudah menjadi brand fashion yang lekat banget sama anak muda. Apalagi, 3Second juga pernah mengikuti gelaran fashion di Paris yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2022 lalu.
Tergabung dalam Biensi Group, 3Second kini sudah punya sekitar 200 outlets di seluruh Indonesia. Selain baju dan aksesorisnya yang keren, 3Second juga membantu UMKM di bidang fashion dengan cara bekerjasama melalui sistem maklon.


April 2012, Maria Anggriani memilih “This Is April” sebagai nama bisnis fashion yang dirintisnya. Bulan April yang identik dengan musim semi, membuat This Is April selalu ingin bertumbuh dan berkembang di industri fashion.
Hal itu terbukti dengan eksistensi This Is April yang sukses berkolaborasi dengan sejumlah seniman tanah air, seperti Andien Aisyah dan Chelsea Islan. Brand fashion wanita ini juga sudah punya lebih dari 45 stores di Indonesia dan go international dengan melebarkan pasarnya di Malaysia.
Selain menghadirkan baju hingga tas dengan gaya kasual dan modern, This Is April juga melakukan kegiatan sosial, lho! Salah satunya, dengan menyumbangkan 2000 sepatu untuk anak-anak di wilayah Papua melalui kolaborasinya dengan Chelsea Islan.