Pertimbangan Memilih Brand Ambassador, Tips Biar Enggak Rugi!

Ilustrasi brand ambassador (Sumber gambar: pexels.com/Nikolaus Bednarz)

Like

Pasti kita pernah tergoda membeli atau mencoba sebuah produk karena sosok brand ambassador produk tersebut, itu adalah hal yang wajar karena salah satu fungsi dari brand ambassador adalah menarik minat konsumen agar membeli produk.

Sebenarnya apa itu brand ambassador? menurut laman gramedia.com, brand ambassador adalah seseorang yang mempromosikan sebuah brand serta produknya ke jaringan mereka dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan.   

Saat ini media sosial berkembang begitu pesat dan selain untuk pergaulan, medsos juga digunakan sebagai sarana pemasaran sebuah produk.

Brand Ambassador merupakan seorang sosok yang biasa mempromosikan sebuah produk melalui medsos, sehingga saat ini menggunakan jasa brand ambassador merupakan hal yang cukup penting dalam hal pemasaran.

Akan tetapi dalam memilh seorang brand ambassador harus berhati-hati, karena akan mempengaruhi image dan citra dari perusahaan.


Baca Juga: 7 strategi Memilih Brand Ambassador, Pilihan Tepat untuk Bisnismu
 

Pertimbangan Sebelum Memilih Brand Ambassador

Berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika memilih seorang brand ambassador.

1. Cek reputasi sosok yang akan menjadi brand ambassador

Pastikan sosok yang kita pilh mempunyai reputasi yang baik di mata masyarakat, hal tersebut dapat kita lakukan dengan mengevaluasi hasil kerjanya terhadap produk-produk sebelumnya. Apakah ada rekam jejak yang negatif atau dia selama ini dikenal sebagai sosok yang positif dimata konsumen.
 

2. Pastikan sudah mengenal produk kita dengan baik

Carilah sosok brand ambassador yang sudah familiar dengan produk kita, sehingga dia akan dengan mudah dan luwes mempromosikan produk kita. Hal ini penting dilakukan, agar pesan yang disampaikan terasa lebih natural dan dapat dipahami oleh para calon konsumen.