Brand Ambassador, Bagaimana Pengaruh dan Kriterianya?

Red Velvet menjadi brand ambassador produk make up brand lokal (Dokumentasi Azarine)

Red Velvet menjadi brand ambassador produk make up brand lokal (Dokumentasi Azarine)

Like

Brand ambassador atau di dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Duta merek, menjadi bagian penting dari sebuah produk bahkan bisa dianggap mewakili suatu brand atau merek.

Brand ambassador mempunyai tugas untuk mempromosikan suatu brand atau merek beserta dengan produk-produknya nya kepada jaringan mereka.

Nah, biasanya para Duta merek ini akan memberikan informasi, membagikan, dan menawarkan berbagai produk tertentu melalui media sosial mereka kepada followers yang berjumlah ribuan bahkan jutaan orang agar menggunakan brand tersebut sehingga angka penjualan bisa meningkat.

Maka dari itu peran brand ambassador sangat di butuhkan Be-emers..

Sementara itu, dilansir dari penelitian yang berjudul Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengguna LINE di Asia) yang dilakukan oleh Muhammad Ikhsan Putra, dkk. Di informasikan bahwa ada empat manfaat utama Duta merek bagi merek dagang.
 
Empat manfaat tersebut meliputi liputan pers, mengubah persepsi tentang brand, menarik konsumen baru, dan memberikan sentuhan kampanye yang lebih segar.


Sedangkan, masih dari penelitian yang sama, diketahui ada lima indikator seseorang layak dijadikan brand ambassador, diantaranya:

Baca Juga: Pertimbangan Memilih Brand Ambassador, Tips Biar Enggak Rugi!
 

1. Transference

Pilihlah brand ambassador berdasarkan profesi atau latar belakang yang selaras dengan nilai produk. Misalnya, seorang dokter akan lebih bisa menjadi ikon untuk produk kesehatan.