Jasa Maklon, Apakah Menguntungkan Bagi UMKM?

Jasa maklon membantu UMKM untuk punya produk sendiri (Foto Freepik.com)

Like

Dalam dunia bisnis, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), istilah "maklon" semakin populer. Tapi, apa sebenarnya pengertian maklon?

Maklon adalah jasa pembuatan dengan  produk oleh pihak ketiga berdasarkan permintaan klien. Artinya jika sebuah perusahaan harus meluaskan pemasarannya, untuk efisiensi biaya, perusahaan menunjuk perusahaan lain untuk memproduksinya. 

Istilah maklon sudah tidak asing lagi dalam dunia bisinis, terutama bidang pakaian dan kosmsetik. Maklon dapat diarikan sebagai jasa pengolahan produk yang dilakukan pihak lain  atau perusahaan maklon.

Ini berarti UMKM bisa fokus pada pemasaran dan pengembangan produk tanpa perlu repot dengan proses produksi.

Baca Juga: Maklon untuk Skincare, Strategi Cepat untuk UMKM


Contohnya  penyerahan JKP dimana pengguna jasa menyerahkan bahan baku dan/atau barang setingah jadi, proes pengerjaan dilakukan oleh PKP dan hasil pengerjaan menjadi milik pengguna jasa. 

Contoh yang saat ini dilakukan dalam produksi pembuatan makanan/minuman, konveski, percetakan, pengemasan, dan pengecoran logam.


Manfaat Menggunakan Maklon

Menggunakan jasa maklon memiliki berbagai manfaat. Pertama, UMKM dapat menghemat biaya produksi karena tidak perlu membeli peralatan mahal atau menyewa pabrik.

Kedua, UMKM bisa mendapatkan produk dengan kualitas tinggi karena maklon biasanya memiliki pengalaman dan keahlian di bidangnya. Selain itu, waktu produksi bisa lebih cepat, sehingga produk dapat segera dipasarkan.