Maklon untuk Skincare, Strategi Cepat untuk UMKM

Bisnis skincare dengan maklon juga menjanjikan saat ini. Sumber gambar: Adobe Express

Bisnis skincare dengan maklon juga menjanjikan saat ini. Sumber gambar: Adobe Express

Like
Baru-baru ini bisnis skincare dengan maklon semakin terkenal. Apalagi bisnis skincare dan kosmetik itu sendiri saat ini juga semakin berkembang pesat.

Sebenarnya apa itu bisnis skincare dengan cara maklon? Dan bagaimana tip dan triknya biar untung banyak?
 

Bisnis Skincare dengan Maklon, Kekurangan dan Kelebihannya

Maklon adalah penyedia layanan pembuatan skincare atau kosmetik, yang nantinya setelah skincare atau kosmetik itu jadi, selanjutnya bisa dijual dengan brand sendiri.
 

Kelebihan

Seperti jenis bisnis lain, bisnis skincare dengan jasa maklon ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain:
 
Lebih hemat. Ini terutama jika dibandingkan harus mendirikan pabrik dan membeli mesin-mesin dan peralatan sendiri. 
 
Bebas khawatir. Kelebihan selanjutnya adalah pelaku bisnis maklon biasanya sudah memiliki pengalaman yang mahal dan berharga yang bisa mengatasi masalah-masalah yang dihadapi selama proses produksi skincare tersebut. Yang mungkin jika dikelola oleh pemilik brand skincare sendiri akan kebingungan dan menghabiskan banyak waktu.
 
Bisa fokus ke penguatan brand dan pemasaran. Pemilik brand skincare, karena produksinya diurus pihak lain, juga punya lebih banyak waktu untuk fokus ke penguatan brand dan pemasaran. Termasuk juga meningkatkan volume penjualan.
 
Dibantu segala perizinannya. Biasanya pemilik jasa maklon juga membantu mengurus segala perizinannya, mulai dari merek BPOM, hingga aspek legal lainnya. Bahkan ada yang lebih lengkap lagi, yaitu disertai dengan kemasan dan desain kemasannya. 

Baca Juga: Bisnis Maklon untuk UMKM, Hemat Biaya dan Waktu Produksi!
 

Kekurangan

Kesalahan maklon ditanggung pemilik brand. Harus bisa memilih Maklon yang bagus dan dapat dipercaya. Hal ini karena, jika ada masalah yang berkaitan dengan produksi, misal kualitas produksi tidak sesuai dengan sampel, atau terjadi keterlambatan batas waktu produksi, maka yang terkena dampak buruk adalah pemilik brand skincare-nya
 

Berapa Modalnya?

Hal yang paling banyak ditanyakan ketika akan memulai bisnis skincare dengan cara maklon adalah seberapa besar modalnya.
 
Untuk modal, tidak bisa disebutkan secara spesifik. Tetapi secara garis besar ditentukan oleh dua faktor, yaitu jenis dan jumlah bahan aktif (ingredients) yang digunakan, dan banyaknya jumlah yang dipesan. 
 
Meski demikian, banyak pemilik Maklon ini yang memasang biaya pembuatan sampel produk mulai dari Rp 250.000,-. Dan ini sudah ada yang menawarkan itu termasuk biaya perbaikan atau revisi sampel maksimal 3x.