Ilustrasi strategi pemasaran (Sumber gambar : pexels.com/Fauxels)
Likes
Sebenarnya apa perbedaan dari kedua pemasaran tersebut, organic marketing (pemasaran organik) adalah pemasaran dengan cara digital tanpa menggunakan iklan berbayar.
Jenis dari pemasaran ini antara lain seperti postingan blog, konten video dan platform media sosial dapat kita gunakan dalam pemasaran ini.
Sedangkan paid marketing adalah pemasaran dengan cara digital dimana brand membayar untuk iklan pada platform online, jenis dari marketing ini antara lain adalah Google ads dan Facebook ads.
Dua pemasaran ini mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga tidak dapat ditentukan mana yang lebih menguntungan.
Bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang baru saja merintis usaha mungkin akan kebingungan memilih strategi pemasaran mana yang akan dipilih.
Berikut adalah kelebihan dan kelemahan organic marketing dan paid marketing. setelah mengetahui harapannya para pelaku usaha dapat memilih strategi mana yang lebih sesuai untuk usahanya.
1. Biaya Pemasaran
2. Target konsumen
Sedangkan paid marketing lebih cocok ditujukan untuk konsumen baru dan kurang dalam membangun hubungan loyalitas dengan konsumen.
Komentar
22 Sep 2024 - 11:57
Informasinya sangat bermanfaat