Hindari 5 Perilaku Ini Karena Bertentangan dengan Pancasila

Implementasi Pancasila di Dunia Kerja (Sumber gambar: freepik)

Like

Asal usul Pancasila dari bahasa Sansekerta yaitu "panca" memiliki pengertian lima sedangkan "sila" diartikan sebagai prinsip.

Dalam KBBI (daring) dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia yang terdiri atas lima sila, yaitu (1) Ketuhanan Yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab, (3) Persatuan Indonesia, (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai falsafah negara, ideologi negara sudah sepatutnya Pancasila diterapkan dalam berbagai segmen kehidupan, termasuk dalam dunia kerja.

Pancasila menjadi dasar dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat, termasuk dalam dunia pekerjaan. Tetapi, jika terjadi penyimpangan terhadap sila-sila pada Pancasila maka sebuah pekerjaan tidak berjalan dengan baik.

Seperti pada contoh dibawah ini yah, be-emers :


Baca Juga: Bagaimana Implementasi Nilai Pancasila dalam Budaya Kerja?

1. Berbohong dalam Pekerjaan

Berhubungan dengan sila pertama, saat be-emers melakukan kebohongan dalam pekerjaan artinya tidak takut dengan adanya pengawasan Allah.

Tentu saja, perbuatan bohong ini bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung pada sila pertama. Implementasi yang baik adalah mengutamakan kejujuran dalam dunia kerja.
 


2. Bersikap Tak Acuh Terhadap Kesulitan Rekan Kerja

Kepedulian diperlukan dalam kerjasama tim. Be-emers tidak bisa bersikap egois dengan tidak peduli dengan kesulitan rekan kerja.

Sudah sepatutnya, membantu pekerjaan rekan yang mengalami kesulitan menjadi salah satu sikap yang mencerminkan sila kedua asalkan dengan catatan pekerjaan sendiri sudah selesai dilakukan.