Hindari 5 Perilaku Ini Karena Bertentangan dengan Pancasila

Like

3. Tidak Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan saat be-emers bekerja di kantor. Memilih bahasa yang baik merupakan salah satu keharusan dan merupakan penerapan sila ketiga Pancasila sedangkan pekerja yang tidak bisa menggunakan bahasa yang baik dan benar telah mengkhianati nilai sila ketiga Pancasila.

Selain pemilihan bahasa, tidak membeda-bedakan rekan kerja adalah wujud nilai sila ketiga.
 

4. Mengambil Keputusan Secara Sepihak Tanpa Musyawarah

Pada sila keempat, ditekankan musyawarah yang memiliki pengertian berunding, rembug. Artinya tukar pikiran sesama rekan kerja sangat diperlukan.

Sebuah ide atau solusi biasanya muncul saat seseorang bisa menjabarkan permasalahan kepada orang lain, sehingga diharapkan dapat mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan banyak pihak.

Baca Juga: Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Masa Kini
 

5. Perlakuan Terhadap Karyawan Berdasarkan Ras, Suku ataupun Agama

Kata adil menjadi kunci dalam penerapan sila kelima, apabila be-emers menemukan dalam ketidakadilan perlakuan pimpinan terhadap karyawan berdasarkan Ras, Suku atau Agama, berarti pimpinan tersebut telah melanggar nilai yang terkandung dalam sila kelima.


Kesimpulan, sebagai landasan negara dan falsafah hidup sebaiknya Pancasila menjadi identitas dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam lingkup pekerjaan. Jangan sampai terjadi penyimpangan nilai-nilai Pancasila.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung