7 Cara Cuan dari Ngonten di Media Sosial, Begini Tipsnya!

Content creator yang hebat harus memiliki motivasi yang kuat. Sumber gambar: Adobe Express

Like

Be-emers, saat ini, ada banyak sekali ilmu teknis tentang cara menjadi content creator agar dapat menghasilkan uang atau agar cuan.

Ilmu tersebut bisa diperoleh dari berbagai media sosial (medsos) itu sendiri, baik di YouTube, Facebook, Instagram, dan lain-lain, benar?

 
Untuk bisa dapat cuan, dari berbagi ilmu yang dibagi tersebut, disebutkan caranya antara lain, harus spesifik menentukan tujuan konten, spesifik menentukan target pemirsa, membuat rencana konten, membuat konten itu sendiri, mengevaluasi, dan lain-lain. 
 

7 Cara Cuan Ngonten di Medsos

Meski demikian, berdasarkan hasil belajar dan pengalaman pribadi, berikut merupakan beberapa cara agar kreasi kita bisa mendatangkan cuan, antara lain: 
 

1. Tentukan Motivasi

Ada banyak motivasi seseorang menjadi content creator. Antara lain motivasi untuk menghasilkan uang itu sendiri, untuk personal branding, untuk berbagi, untuk menyimpan jejak digital, dan lain-lain. Berdasarkan pengalaman penulis, kalau motivasi pertamanya uang, biasanya akan mudah putus asa dan malas, jika konten tersebut tidak kunjung menghasilkan uang.

Tetapi akan berbeda cerita kalau motivasi utamanya misalnya untuk berbagi ilmu. Biasanya dengan motivasi ini idenya tidak terputus, tidak cepat putus asa, dan cuan pun akhirnya akan mengikuti. 
 
 

2. Tidak takut kalah, tetapi takut tidak berusaha

Di dunia ini, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, mengakui atau tidak mengakui, adalah tentang kompetisi. Dan dalam kompetisi itu ada menang dan ada kalah.

Begitu pula dalam dunia content creator, pasti ada kompetisi antara content creator yang satu dengan yang lainnya, yang jumlahnya bukan satu dan dua, melainkan ribuan.

Jika kita fokus pada ketakutan akan kalah, maka ketakutan tersebut yang menguasai. Namun jika ketakutan kita adalah ketakutan karena tidak berusaha, maka itu ajan lebih memberikan kekuatan untuk terus berkarya.

 
 

3. Berani dikejar target

Dimanapun tempatnya, apa pun platform medsosnya, pasti ada target yang harus dipenuhi. Dan semua orang tahu, untuk dapat mengejar target tersebut dibutuhkan pengorbanan, terutama pengorbanan waktu.


Hampir semua orang yang pernah mencoba untuk menjadi content creator yang berkualitas juga tahu, untuk membuat konten yang bagus, itu tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.