Ngaku Foodie? Cek Label Makanan Sebelum Memilih!

Ubah kebiasaan untuk memperhatikan label gizi makanan. (Pexels)

Like

Jadi generasi Z yang doyan banget eksplorasi kuliner? Pasti kamu sering banget nge-tag diri sendiri sebagai #foodie di media sosial.

Namun, pernah nggak sih kamu mikirin kandungan gizi dari makanan yang kamu makan setiap hari? Selain rasanya yang enak, memperhatikan nilai gizi juga penting banget, lho, buat menjaga kesehatan tubuh.


Kenapa Harus Baca Label Makanan?

Sebagai generasi yang melek teknologi dan informasi, kamu pasti paham betul pentingnya riset sebelum membeli suatu produk.

Nah, membaca label makanan itu sama aja kayak melakukan riset kecil-kecilan sebelum memutuskan untuk menyantap makanan tertentu. Dengan membaca label, kamu bisa mengetahui 3 hal, yakni:
  1. Kamu jadi tahu berapa banyak kalori, lemak, karbohidrat, protein, dan zat gizi lainnya yang terkandung dalam makanan.
  2. Kamu bisa membandingkan label beberapa produk sejenis, kamu bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan gizi tubuhmu.
  3. Informasi pada label makanan bisa membantumu mengontrol porsi makan dan menghindari konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula, garam, atau lemak jenuh.

Baca Juga: Sebelum Makan, Kenali Dulu Informasi Nutrisi Pada Label Makanan


5 Tips Membaca Label Makanan untuk Generasi Z

  1. Perhatikan ukuran porsi: Jangan tertipu dengan jumlah kalori yang tertera. Pastikan kamu membaca ukuran porsi yang tercantum, karena jumlah kalori yang tertera biasanya untuk satu porsi.
  2. Cari tahu arti istilah: Beberapa istilah pada label makanan mungkin terdengar asing. Jangan ragu untuk mencari tahu artinya, misalnya trans fat, gula tambahan, atau serat.
  3. Prioritaskan makanan utuh: Sebisa mungkin, pilihlah makanan yang bahan utamanya adalah makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  4. Baca daftar bahan: Daftar bahan pada label makanan akan memberitahumu bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut. Hindari makanan yang mengandung banyak bahan tambahan atau pengawet.
  5. Jangan tertipu klaim: Banyak produk makanan yang mengklaim sebagai makanan sehat. Jangan mudah percaya, tapi cek langsung kandungan gizinya pada label.