Meski Terkesan Useless, Berikut 3 Alasan Utama Mengikuti Unpaid Internship!

Alasan mengikuti Unpaid Internship (sumber gambar : freepik)

Like

Magang tidak berbayar atau istilah bekennya yaitu unpaid internship merupakan salah satu kegiatan latihan bekerja atau magang yang tidak dibayar.

Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh seseorang yang berstatus mahasiswa atau siswa SMK yang membutuhkan skill dalam dunia kerja.

Menjadi anak magang dalam suatu perusahaan umumnya memang dianggap sebagai "seseorang yang belajar", sehingga kesalahan yang dilakukan masih sering terjadi.

Meskipun demikian, tenaga dan usaha yang dilakukan anak magang pastinya tidak sedikit, sehingga menghargai mereka dengan memberikan upah sebenarnya menjadi hal yang wajar. Tetapi, kenapa ada beberapa orang yang memilih unpaid internship?.

Baca Juga: Unpaid Internship, Portofolio Kerja atau Buang-Buang Waktu?
 

3 Alasan Mengapa Unpaid Internship Bermanfaat

Ada berbagai alasan yang mendasari seseorang memilih tidak dibayar dan harus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik selama internship. Tiga hal ini merupakan manfaat dari unpaid internship:

1. Pengalaman adalah Guru Terbaik

Mengikuti internship memberikan pengalaman berbeda dengan hanya menerima teori atau materi saat di kelas. Apalagi untuk siswa SMK, mahasiswa atau seseorang yang 0 pengalaman, ini menjadi kesempatan emas untuk praktek secara langsung di lapangan.


Be-emers akan merasakan sensasi pembelajaran yang berbeda antara ruang kelas dan langsung terjun di dunia profesional. Selain itu, pengalaman selama internship bisa juga ditulis dalam portofolio, loh. Ini penting banget untuk kamu yang portofolionya masih kosongan, agar CV kamu bisa terlihat lebih berisi.