Mengenal Gaya Hidup Homestead, Gaya Hidup Keberlanjutan yang Ngetrend

Gaya hidup homestead yang merupakan gaya hidup keberlanjutan (Sumber gambar : pexels.com/Yan Krukau)

Like

Pernah dengar gaya hidup homestead? Ato mungkin sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari? Mungkin belum banyak orang tahu apa itu gaya hidup homestead

Homestead adalah sebuah gaya hidup yang mengutamakan kemandirian dengan berusaha memenuhi kebutuhan hidup dengan mandiri dan gaya hidup ini sangat berhubungan dengan keberlanjutan dan alam.

Banyak yang sudah menerapkn gaya hidup ini, karena cukup banyak manfaat yang didapat. Manfaat menerapkan gaya hidup ini antara lain dapat membantu menghemat biaya dan bisa pula menjadi ladang bisnis.

Gaya hidup ini cukup mudah dilakukan di desa dengan lahan yang cukup luas. Lalu bagaimana dengan orang kota yang notabene lahan pekarangannya cukup sempit tetapi ingin mencoba gaya hidup ini, berikut beberapa tips yang dapat dicoba.
 

1. Hidroponik

Metode menanam tanpa menggunakan tanah atau memanfaatkan air ini sangat cocok digunakan pada lahan perumahan yang cenderung pekarangannya kecil.

Selain biaya yang diperlukan cukup sedikit, hasilnya juga lebih banyak daripada budidaya menggunakan cara biasa.


Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Lagi Tren Ini Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Lho!
 

2. Budidaya ikan dalam ember

Lahan yang sempit tidak memungkinkan kita untuk membuat kolam yang digunakan budidaya ikan konsumsi, lalu apakah lantas kita tidak bisa memelihara ikan karena keterbatasan lahan?

Jangan salah, kita masih bisa memelihara ikan dengan menggunakan ember bekas yang cukup besar.


3. Budikdamber

Budidaya ikan dan tanaman sayuran yang dilakukan dalam satu ember dikenal dengan teknik budikdamber. Ember yang digunakan dapat kita beli dengan mudah di marketplace.

Teknik ini merupakan solusi bagi orang yang berminat untuk menerapkan gaya hidup homestead dengan lahan terbatas. Budidaya ikan sambil bercocok tanam.