5 Tanaman Hias yang Lagi Tren Ini Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Lho!

Plant - Canva

Plant - Canva

Like

Apa kegiatan favorit kamu untuk mengisi waktu luang di rumah?

Jangan cuma rebahan sambil streaming film dong. Soalnya, ada banyak kegiatan postif yang bisa bikin produktivitas kamu bertambah lho!

Salah satunya dengan berkebun nih, Be-emers. Beberapa waktu belakangan ini, kegiatan berkebun lagi nge-tren banget. Apalagi, sejumlah tanaman hias sempat viral di media sosial.

Budidaya tanaman hias sebenarnya memang sudah populer dilakukan banyak di negara lainnya. Selain karena dapat mempercantik rumah, tanaman hias juga enggak perlu biaya perawatan yang terlalu mahal.

Nah, selain jadi hobi, rupanya berkebun bisa jadi peluang cuan yang menjanjikan lho. Dikutip dari laman Bisnis, berikut sejumlah tanaman hias yang lagi populer dan bisa jadi peluang bisnis kamu nih, Be-emers.


Baca Juga: Tumbuh Subur di Indonesia, Yuk Cari Peluang dari Akar Wangi
 

Janda Bolong (Monstera)

Sejak 2016, tanaman monstera atau yang lebih dikenal dengan Janda Bolong menjadi buruan para pecinta tanaman. Tren membudidayakan monstera juga banyak dijumpai di media sosial akhir-akhir ini.

Bahkan, tanaman unik dengan daunnya yang lebar atau berlubang ini sering digunakan sebagai dekorasi atau properti studio.

Di beberapa platform online, harga jualnya bisa mencapai Rp350 ribu hingga Rp1,2 juta per helai daun lho! Untuk monstera yang sudah subur, harganya bahkan melampaui Rp20 juta. 

Kok bisa mahal banget sih?

Tingkat kesulitan dalam membudidayakan monstera yang tinggi menjadikan keberadaan tanaman Janda Bolong ini cukup langka. Adapun, monstera deliciosa, merupakan jenis monstera yang paling sering ditemui.
 

Kaktus

Kaktus hias atau kaktus mini merupakan tanaman yang biasa ditanam di media pot dan enggak membutuhkan perawatan yang rumit. Bahkan, selain sebagai hiasan rumah, kaktus hias saat ini banyak dijadikan sebagai kado atau souvenir acara pernikahan.

Kaktus juga punya kelebihan lain nih. Tanaman ini mampu hidup cukup lama di lingkungan kering dan panas dengan sedikit air. Di antara jenis tanaman hias lainnya, kaktus dijual dengan harga yang cukup terjangkau, tergantung varian dan kelangkaannya.

Baca Juga: Mudah dan Simple, Buka Usaha Kaktus Hias Aja! Begini Tipsnya
 

Keladi

Kamu pernah lihat atau mendengar tentang tanaman keladi?

Ada beberapa variasi tanaman keladi yang kini makin digandrungi oleh masyarakat, antara lain keladi putih, keladi pink, dan keladi wayang. Nah, setiap jenisnya memiliki corak warna cerah dan pola guratan pada daun yang berbeda-beda.

Adapun, tanaman keladi biasanya dijual dengan harga kisaran Rp50.000 - Rp355.000 nih, Be-emers.
 

Lidah Mertua (Sansevieria)

Tenang, tanaman ini enggak sekejam cibiran mertua yang ada di sinetron kok. Hehe.

Justru, tanaman Lidah Mertua ini banyak dicari oleh peminat tanaman hias lho!

Soalnya, enggak hanya cantik untuk dijadikan dekorasi, tanaman ini juga mampu mendeteksi racun serta mengeluarkan oksigen di setiap daunnya.
 

Krokot

Bunga krokot makin diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai tanaman hias dengan varian warna yang cerah dan indah nih, Be-emers. Oh iya, bunga krokot juga punya nama lain, yakni Moss Rose.

Tanaman krokot termasuk tanaman yang gampang dibudidayakan. Terbukti, tanpa adanya perawatan, tanaman ini sudah bisa tumbuh subur.

Selain itu, tanaman krokot bisa dijadikan tanaman hias dan baik untuk kesehatan. Bahkan, tanaman ini bisa diolah sebagai teh krokot.