ilustrasi bisnis owner bidang kuliner. sumber: freepik
Likes
Be-emers pernah enggak sih bingung mau beli makanan apa dan makan di mana? Hal ini pasti pernah kamu alami kan? Lalu biasanya cari referensi di mana?
Bisa cari referensi di google map, tanya orang terdekat, ulasan reviewer ataupun food vlogger. Arus deras informasi sosial media dan kompetisi usaha memunculkan banyak peluang baru.
Salah satunya banyak bermunculan baru sebagai food vlogger dan reviewer.
5 Cara Bijak Menghadapi Review Buruk dari Food Vlogger
Pada trend belakangan ini muncul keresahan para bisnis owner yang mendapat kritik dari para reviewer ataupun food vlogger.Sebenarnya kritik itu baik, tapi bisa jadi merugikan. Alih-alih tenggelam dalam emosi, mari kita pelajari cara bijak untuk menghadapi kritik.
1. Dengarkan dan terima dengan pikiran terbuka
Jangan langsung menyangkal saat menerima kritik. Dengarkan baik-baik setiap poin yang disampaikan, lalu dicatat.Coba untuk memahami sudut pandang reviewer. Mereka mungkin memiliki pengalaman dan preferensi yang berbeda.
Baca Juga: Kena Kritik dari Food Vlogger, Bagaimana Menghadapinya?
2. Analisis kritik secara objektif
Perhatikan apakah ada pola kritik yang berulang dari berbagai reviewer. Ini bisa memungkinkan kemunculan masalah yang harus diperbaiki. Pisahkan antara opini dan fakta.Mungkin beberapa kritik bersifat subjektif (pendapat pribadi), dan yang lain fakta (misalnya, makanan kurang matang).
3. Tanggapi dengan bijak
Jika kritik tersebut benar, ambil tindakan untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Berikan respon dengan sopan dan ramah. Hindari perdebatan atau menyalahkan reviewer. Katakan terima kasih atas kritik dan sarannya. Serta memohon maaf atas kekurangan.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.