Hampers Ramadan (Sumber Gambar : Freepik)
Likes
Siapa sangka, bahwa bisnis kerajinan tangan saat Ramadan memiliki prospek yang tinggi dan potensial untuk mendapatkan cuan?
Meningkatnya permintaan konsumen mengenai suvenir dan hampers untuk Lebaran, menjadikan bisnis kerajinan tangan kerap kali banyak dicari.
Pasalnya, produk berjenis ini perlu dipesan dari jauh hari mengingat sifatnya yang dekoratif dan memerlukan teknik pembuatan khusus.
Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk memulai bisnis kerajinan tangan. Umumnya, masyarakat mulai melakukan hunting referensi bahkan hingga memesan dari beberapa minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.
Contohnya seperti hadiah atau parsel Lebaran, dekorasi Ramadan, tasbih buatan tangan, atau sajadah travel.
Oleh karena itu, diperluka strategi khusus agar bisnis kerajinan tangan dapat sukses diperjualbelikan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:
5 Strategi Bisnis Kerajinan Tangan di Bulan Ramadan
Berikut adalah strategi bisnis kerajinan tangan di bulan Ramadan yang bisa kamu terapkan:
1. Identifikasi Produk Kerajinan Tangan yang Paling Diminati saat Ramadan
Sebelum memulai berbisnis, diperlukan adanya riset pasar untuk mengetahui minat konsumen yang sedang tren saat ini.Berkaitan dengan kerajinan tangan, penjual perlu melihat barang apa saja yang sedang dicari oleh konsumen untuk dijadikan kerajinan tangan.
Contohnya seperti hampers, kaligrafi, atau aksesoris islami. Jangan lupa, selalu cek kompetitor dan cari tahu produk apa yang sedang viral.
Baca Juga: Potensi Cuan di Bulan Ramadan, dari Berbisnis Takjil hingga Hampers
2. Membuat Produk yang Unik dan Berbeda
Kunci sukses dalam berbisnis adalah kuatnya inovasi agar membedakan dagangan satu dan lainnya. Berikan sentuhan personalisasi seperti nama, doa, atau desain khusus.Berkaitan dengan bahan untuk kerajinan tangan, penjual bisa menggunakan bahan ramah lingkungan yang kini semakin diminati. Tawarkan pula edisi terbatas khusus Ramadan agar lebih eksklusif.
3. Manfaatkan Sarana Pemasaran Digital
Tren promosi di era kekinian hampir melibatkan media online untuk sarana marketing. Tak heran, banyak penjual berlomba-lomba untuk membuat konten menarik agar pemasaran lebih meluas dan menjangkau konsumen yang lebih banyak.Gunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Facebook untuk promosi dengan foto dan video menarik.
Anda juga bisa memanfaatkan pasar seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
Jangan lupa, tambahkan promo spesial Ramadhan seperti diskon bundling, gratis ongkir, atau hadiah kecil untuk pembelian tertentu.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.