Gokil! Facebook dan PayPal Tambah Investasi Gojek buat Dukung UMKM Serta Kolaborasi Proyek

online rider -illustration -canva

Like

Di penggalangan dana putaran terbaru Gojek tahun ini, Facebook dan PayPal resmi gabung jadi investor bareng sama Google dan Tencent. Sayangnya, nilai investasinya belum bisa disebutkan nih.

Hal ini makin bikin Gojek dapat pengakuan sebagai perusahaan teknologi yang inovatif di kancah internasional. “Dengan bekerja sama, kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik,” kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo, dikutip dari Bisnis.com.

Usaha rintisan berstatus decacorn itu juga dinilai aktif mendukung UMKM. Hal itu bikin para investor yakin kalau langkah ini bisa menjangkau digitalisasi layanan finansial.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi juga bilang kalau pertumbuhan UMKM jadi fokus dukungan dan perhatian Gojek. Contohnya nih kayak GoPay, layanan pembayaran digital milik Gojek, yang sudah dari lama difokuskan buat meningkatkan akses ekonomi digital bagi UMKM.

Nah, adanya suntikan dana ini bakal disinergikan dengan teknologi, pendekatan, dan fokus lokal yang Gojek punya. Enggak cuma itu, pendanaan ini juga makin bikin Gojek mantap buat lebih melangkah pasti di pasar Asia Tenggara dan mancanegara. Gokil!


Baca juga: Ini 5 Startup Kuliner yang Sukses dari Modal Ventura
 

Kolaborasi Proyek

Yang menarik, enggak cuma kasih modal aja nih. Pendanaan ini juga sekaligus jadi pemicu para investor dan Gojek sendiri buat terus berkolaborasi di sejumlah proyek.

Salah satunya adalah penambahan fitur pembayaran PayPal di Gojek. Dengan begitu, kamu yang pengguna Gojek bakal bisa punya akses ke jaringan PayPal yang punya 25 juta merchant di dunia.

PayPal menilai kalau kolaborasi itu dengan pertimbangan kawasan Asia Tenggara yang masih krusial banget dalam proses adopsi digital. Hal ini justru dinilai bisa memberikan kesempatan baru buat memberikan layanan keuangan bagi siapapun yang belum terhubung ke layanan perbankan.

Perlu diketahui juga nih, Be-emers. PayPal merupakan perusahaan yang menyediakan layanan sistem pembayaran elektronik masa kini yang menggantikan cek dan transfer uang. Ibaratnya, kamu jadi punya rekening online gitu.

Nah, gimana tanggapan kamu, Be-emers? Apakah suntikan dana dan kolaborasi ini bakal membuat Gojek jadi perusahaan yang mendunia?

Baca juga: Sebelum Jadi Unicorn dan Decacorn, Begini Awal Mula Perjalanan 5 Startup Ini