Dapat Cuan Tanpa Kerja, Ini Keuntungan dan Tantangan Bisnis Kos-kosan

Dorm - Canva

Like

Be-emers pernah merasakan hidup sebagai anak kos?

Enggak cuma buat mahasiswa, di perkotaan misalnya, para pekerja juga kerap menyewa tempat kos sebagai alternatif tempat tinggal yang dekat dekat kantor. Selain itu, kos-kosan dinilai lebih hemat dibanding harus mengontrak rumah atau menyewa apartemen.

Hal ini tentu jadi peluang cuan buat kamu yang tertarik untuk mencoba berbisnis sekaligus berinvestasi di bidang properti. Jadi ibu/bapak kos, apa saja sih keuntungan dan tantangan dari bisnis kos-kosan ini?
 

Pendapatan Rutin (Passive Income)

Dengan punya kos-kosan, ibaratnya, kamu kayak punya “ATM ketuk”. Tinggal ketuk pintu dan menagih biaya sewa kosan, kamu sudah langsung bisa mendapatkan penghasilan tanpa perlu kerja keras atau lembur di kantor.

Kamu bisa meraih pendapatan rutin, baik tiap bulan maupun tahunan. Kamu juga enggak perlu repot dengan urusan operasional yang menyita waktu.

Hal ini tentu saja bisa jadi sumber cuan kamu hingga masa tua nanti.

 

Pendapatan Terjamin (Fixed Income)

Menurut CEO RoomMe, dikutip dari Bisnis.com, bisnis kos bisa menghasilkan pendapatan yang stabil, bahkan cenderung meningkat. Seiring dengan harga sewa properti yang terus meningkat, enggak dipungkiri, kalau tarif kost bisa saja ditetapkan untuk naik setiap tahunnya.
 

Tantangan Punya Kos-Kosan

Meski begitu, bisnis kos-kosan juga punya sejumlah tantangan nih. Salah satunya, kalau penghuni kos-kosan kamu mulai sedikit, otomatis pendapatan kamu akan berkurang.

Makanya, selain dari banner, iklan, atau informasi dari mulut ke mulut, kamu juga perlu untuk melakukan promosi di sejumlah platform penyedia jasa informasi kos-kosan.

Selain itu, untuk mencegah tindak kejahatan atau perilaku yang melanggar norma, kamu juga perlu untuk mengawasi kos-kosan tersebut. Salah satunya, kamu bisa memasang CCTV atau merekrut jasa petugas keamanan di kos-kosan yang kamu miliki.

Terakhir, jangan lupa berikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk penghuni kos-kosan kamu ya. Semakin nyaman dan aman, bisnis kos-kosan kamu akan selalu diminati para customer.