Kenalan dengan User Generated Content dan Manfaatnya untuk Bisnis

Ilustrasi content marketing (Foto Pixabay.com)


Be-emers, kamu tahu enggak sih soal berita kasus tumblr hilang di KRL? Gara-gara hal ini banyak yang buat konten tips supaya tumblr enggak hilang di transportasi umum.

Untungnya, dalam kasus tersebut masalah udah berakhir dengan damai. Dari peristiwa ini, peringatan bagi kita semua agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial ya. 

Melihat momen ini, alhasil banyak user generated content yang muncul. Lantas, apa itu user generated content?
 

Kenalan dengan User Generated Content

User generated content adalah konten yang dibuat pengguna bukan pelaku usaha. Bentuknya bisa berupa testimoni atau pengalaman menggunakan sebuah produk. 

Dari peristiwa ini, kemudian muncul di media sosial konten dari pengguna kayak strap buat tumblr, tas tumblr, atau merek tumblr apa aja yang aman kalau hilang. Nah, user generated content ini dibuat sendiri oleh pengguna tanpa ada campur tangan dari brand terkait. Jadi, bisa dibilang konten murni dari pengalaman pelanggan. 

Tapi, tahu enggak sih kalo UGC alias user generated content itu punya segudang manfaat buat brandnya? Apa aja tuh?



4 Manfaat User Generated Content untuk Produk

Manfaat user generated content untuk produk: 
 

1. Ningkatin User Awareness

Ungkapan ‘makin rame diomongin, makin penasaran’ rasanya mewakili kasus tumblr banget ya. Ternyata, banyak netizen yang baru tau produk itu lho.

Tentunya buat kamu si owner bisnis, kesempatan ini bisa jadi momentum brand kamu bersinar sekaligus tunjukin keunggulan unik dibandingin brand lainnya. Tapi, juga mesti berempati dengan kejadian yang sedang terjadi ya!

As a result, pasarmu meluas bahkan sampai menjangkau masyarakat yang jauh diluar target awal. 
 

2. Penjualan Meroket

Namanya juga orang Indonesia, ada apa dikit auto FOMO kan? Pengalaman unik dari pelanggan yang dibagiin lewat video atau foto di media sosial maupun media konvensional apalagi ditambahin bumbu-bumbu drama, so pasti bikin melek mata orang soalnya pada kepengen sama-sama ngerasain ‘sensasi’ nya.

Tapi, perlu diperhatiin buat kamu yang mau pakai konsep ini, selalu ingat buat cari hikmah positif dibalik pengalaman unik itu buat meroketkan penjualanmu, bukannya ikutan ngeroasting.

Misalnya, kamu bisa bikin kompetisi tumblr atau pembagian giveaway dengan syarat tertentu di transportasi publik. Seru kan kalo dijalanin? 
 

3. Bangun Loyalitas Pelanggan

Kasus tumblr ini bisa jadi top of mind orang Indonesia selama berhari-hari, coba bayangin deh seandainya mereka sampai rame-rame bikin komunitas ‘pecinta tumblr’ dari brandmu?

Wah, kabar baik nih, cuanmu makin gacor soalnya pembelian rutin pasti terjamin. Padahal, kamu enggak ngelakuin promosi tertentu, tapi bisa dapat pelanggan karena fenomena ini.