Apakah WhatsApp Kamu Sudah Aman? Simak Tipsnya!

sumber: freepik.com

Like

Media sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia di zaman milenial ini. Bahkan, tak jarang media sosial telah menjadi salah satu alat kominukasi yang paling cepat dan efisien dalam sehingga dapat memudahkan antarmanusia untuk berinteraksi secara mudah.

Namun, ternyata di balik kemudahannya, terdapat bahaya yang besar juga turut mengikutinya. Akhir-akhir ini mulai marak kembali berbagai penipuan yang dilakukan di media sosial, salah satunya yang paling sering dibicarakan adalah WhatsApp.

Dikutip dari Bisnis.com, memang tidak dapat diragukan lagi betapa banyaknya pengguna WhatsApp di berbagai belahan dunia yang bahkan telah mencapai 2 miliar orang. Akses dalam berkomunikasi yang cepat dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan membuat aplikasi ini banyak disukai. Mulai dari chatting, voice message, voice call, hingga video call. Pengembangan aplikasi ini pun tetap dilakukan secara bertahap menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Tidak hanya pengembangan dalam fitur yang memudahkan pengguna saja, WhatApp juga telah hadir dengan berbagai fitur yang dapat mencegah adanya kejahatan yang bisa saja terjadi. Bagi kamu yang masih belum tahu, bisa disimak beberapa fitur pengaturan dari WhatsApp yang dapat memaksimalkan privasi dan keamanan dalam alat komunikasi kamu.
 

Verifikasi Dua Langkah

Pada fitur ini nantinya pengguna akan diberikan keamanan tambahan dengan mengharuskan pengguna memasukkan PIN sejumlah enam digit saat membuka aplikasi. Namun, fitur ini tidak selalu hadir ketika membuka aplikasi, hanya saat mengatur ulang dan memvarifikasi akun pengguna.
Fungsi dari fitur ini adalah untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp jika nomor hilang atau rusak. Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Pengguna dapat menemukannya dalam menu pengaturan WhatsApp di bagian Akun.


Privasi Profil

Fitur ini dapat digunakan jika pengguna ingin mengamankan detail informasi mengenai profilnya, seperti foto profil, tentang (about), status, dan terakhir dilihat (last seen).

Pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat detail informasi profilnya, mulai dari semua ornag, kontak pengguna, hingga tidak pada siapapun. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa juga bisa mengaksesnya pada bagian Akun di pengaturan WhatsApp.
 

Pengaturan Privasi Grup

Fitur ini dapat mengontrol siapa saja yang bisa mengundang pengguna untuk bisa masuk ke dalam suatu grup chat. Dengan fitur ini, pengguna dapat menyeleksi grup mana yang ingin diikuti.
Pada fitur ini, anda dapat menentukan apakah yang bisa mengundang anda semua orang, hanya kontak oengguna, atau bahkan hanya kontak-kontak tertentu yang pengguna berikan isin. Cara mengaktifkan fitur ini juga dapat diakses pada bagian Akun di pengaturan WhatsApp.
 

Touch ID, Face ID, dan Sidik Jari

Fitur ini hadir untuk memberikan opsi lapisan kunci keamanan tambahan WhatsApp pada akun pengguna. Pengguna dapat memilih ingin menggunakan Touch ID dan Face ID sebagai tambahan keamanan pada ponsel iPhone atau menggunakan Sidik Jari pada ponsel Android.
Penagktifan fitur ini juga dapat diatur apakah akan aktif langusng saat pengguna keluar dari aplikasi atau dalam jeda waktu beberapa saat setelah keluar dari aplikasi.
 

Perbarui Aplikasi

Selalu memperbarui aplikasi secara berkala merupakan cara sederhana yang termasuk cukup efisien. Ketika aplikasi selalu diperbaharui, maka layanan bagi pengguna juga akan diperbaiki dan semakin ditingkatkan, seperti akan banyaknya pembaruan yang melibatkan fitur keamanan.
Penting untuk selalu mengecek apakah WhatsApp kamu telah memakai versi terbaru. Kamu bisa mengecek apakah WhatsApp kamu sudah memakai versi terbaru melalui App Store pada iPhone atau Play Store pada Android.

Selain menggunakan beberapa fitur keamanan yang ada, tidak kalah penting juga bagi kamu untuk selalu mengecek apakah sistem operasi ponsel kamu sudah yang terbaru. Dengan menggunakan sistem operasi terbaru, maka sistem keamanan terbaru juga bisa didapatkan.