Kamu Bisa Kok Mengubah Bisnis Sampingan Jadi Penghasilan Utama, Begini Kiatnya

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Saat ini, bagi sebagian orang, punya satu penghasilan saja rasanya belum cukup. Selain itu, kebutuhan akan wadah cuan dan kreativitas juga makin mendesak.

Alhasil, mendirikan usaha sampingan jadi solusinya. Tenang, hal itu wajar kok untuk dilakukan.

Soalnya, berdasarkan survei Bankrate, nyaris setengah pekerja kantoran (full time), mengambil peran lain dalam bentuk usaha sampingan di luar pekerjaan utama mereka.

Namun, rupanya menjalani hal itu enggak semudah yang dipikirkan lho. Menjalani usaha sambil tetap bekerja tentunya jadi tantangan tersendiri.

Kamu pastinya harus pandai mengatur waktu, tenaga, dan pikiran nih, Be-emers. Kalau enggak, kamu bakal pusing dan akhirnya harus memilih mana yang perlu untuk diprioritaskan.


Meski begitu, kamu sebenarnya bisa banget kok menjadikan usaha sampingan kamu jadi sumber penghasilan utama tanpa kehilangan pekerjaan di kantor. Dikutip dari laman Bisnis, ini sejumlah langkah yang bisa kamu terapkan.

Baca Juga: Etis Enggak Sih Jadi Karyawan Kantoran Sekaligus Punya Bisnis Sampingan?
 

Temukan dan Sempurnakan Ide

Perlu kamu ketahui, para pendiri usaha sampingan yang sukses menerapkan ide-ide yang mereka punya ke dalam bisnis sesungguhnya lho! Sering kali, ide-ide ini menggabungkan keterampilan atau hasrat yang ada dengan celah di pasar.

Misalnya, kamu adalah komunikator yang hebat dan memiliki pengetahuan ahli dalam bidang tertentu. kamu bisa mulai berkonsultasi untuk bisnis di ceruk itu.

Nah, dari sana, kamu bisa menyisihkan dana dari pekerjaan untuk memasarkan dan mengembangkan layanan konsultasi menjadi bisnis penuh waktu!
 

Kembangkan Strategi Pendanaan

Tahu enggak, sih? Kebanyakan orang memulai usaha sampingan untuk menghasilkan uang. Namun, untuk mengubah bisnis sampingan menjadi bisnis, kamu justru membutuhkan modal awal.

Alhasil, kamu mungkin perlu mendedikasikan sebagian kecil dari gaji untuk membangun bisnis sampingan. Hal ini mungkin terdengar kontra-intuitif sih, tapi sebenarnya ini adalah strategi bisnis yang baik kok, Be-emers.

Kalau kamu berhenti dari pekerjaan hanya untuk fokus pada pekerjaan sampingan, kamu justru akan mengurangi pendapatan dan meningkatkan risiko. Nah, kalau kamu masih membutuhkan lebih banyak modal, kamu bisa cari investor atau mengambil pinjaman usaha kecil nih.
 

Luncurkan Bisnis

Memang, pekerjaan sampingan pada dasarnya merupakan pekerjaan paruh waktu. Sementara itu, untuk menghasilkan uang ekstra, bisnis merupakan investasi jangka panjang yang berpotensi untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan jauh lebih besar lho!

Makanya, setelah kamu resmi merilis bisnis sebagai LLC (Limited Liability Company), atau sebagainya, maka kamu sebenarnya telah mengambil langkah penting dalam transisi hidup kamu, yang tadinya merupakan pengusaha paruh waktu menjadi pemilik bisnis!

Baca Juga: 5 Bisnis Sampingan yang Paling Menjanjikan dengan Modal Kecil!