Yuk Intip Strategi untuk Tingkatkan Omset Bisnis Online di Tahun 2021

Online Shop - Canva

Like

Usaha kamu sudah “go digital” belum nih, Be-emers?

Punya bisnis online tentunya jadi hal yang perlu kamu coba lho. Soalnya, pola konsumsi masyarakat pun sudah serba digital.

Di satu sisi, menjalani bisnis secara online juga enggak bisa sembarangan. Bisnis online yang dituntut lebih efisien, tentunya punya tantangan tersendiri.

Belum lagi, persaingan bisnis online makin ketat dan tren digital bakal terus berubah setiap tahunnya. Lalu, gimana caranya biar kamu tetap cuan lewat bisnis online?

Dikutip dari Bisnis, ini sejumlah strategi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan omset bisnis online di tahun 2021.


Baca Juga: Cara Sukses Berbisnis Online Tanpa Memiliki Modal


Riset Tren Produk
Sebelum lebih dalam membahas strategi marketing yang akan digunakan, penting untuk mengetahui apakah produk yang akan kamu pasarkan merupakan produk yang dicari banyak orang atau enggak.

Hal ini perlu dilakukan guna menghindari upaya yang sia-sia, apabila ternyata produk yang kamu pilih enggak ada peminatnya. Selain itu, produk yang tepat dengan perencanaan harga jual yang sesuai akan membantu kamu untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah tanpa harus takut rugi dalam biaya promosi.


Maksimalkan Marketplace
Jika kamu sudah menemukan produk yang tepat, ini saatnya untuk memperbanyak channel marketing produk seperti melalui marketplace. Marketplace adalah salah satu wadah terbaik bagi para pemula untuk berbisnis online.

Namun, guna mendapatkan hasil terbaik, terdapat cara-cara yang tepat pula untuk menggunakan marketplace. Misalnya, kamu perlu memilih judul penjualan produk yang banyak dicari konsumen, meletakkan iklan di marketplace yang tepat untuk meningkatkan brand awareness produk.

Kamu juga bisa menggunakan gambar yang kredibel dan meyakinkan. Dengan adanya gambar yang lebih riil. Hal ini akan lebih menarik konsumen, walaupun harga jual yang kamu miliki lebih tinggi dibandingkan dengan lapak lainnya.


Optimalkan Marketing di Instagram
Selain marketplace, Instagram merupakan salah satu channel terbaik untuk menjalankan bisnis online. Sebagai salah satu media sosial terpopuler saat ini, yakni Instagram, bisa menjadi wajah bagi bisnis kamu.

Soalnya, Instagram punya akses yang mudah dan tampilan nya yang dapat disesuaikan dengan katalog produk kamu.


Bentuk Strategi sebelum Bikin Website
Untuk membuat website yang dapat dikunjungi banyak orang, diperlukan strategi yang tepat.

Ada sejumlah hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum bikin website nih, Be-emers:

  • Pencarian nama website yang mudah diingat
  • Cara memancing calon pengunjung untuk mampir ke website kamu dan mau memberikan data seperti email atau nomor telepon.
  • Kecepatan website yang ringan saat dibuka
  • Kata kunci apa yang di target dalam artikel website agar bisa muncul di halaman pertama Google.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Toko Online Mudah untuk Pemula