Ini Cara Membuat Toko Online Mudah untuk Pemula

Cara membuat aplikasi untuk online shop (Sumber: Pixabay.com)

Cara membuat aplikasi untuk online shop (Sumber: Pixabay.com)

Di era yang serba cepat, membuat laman web toko online merupakan strategi bisnis yang wajib dilakukan. Pasalnya, masyarakat Indonesia sudah banyak yang beralih ke belanja daring daripada belanja di offline store. 

Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan untuk membuat toko online demi kelancaran usaha. Membuat toko online sebenarnya tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Kamu hanya perlu beberapa aplikasi, seperti cara membuat aplikasi untuk online shop berikut. 


Hal yang Diperlukan Untuk Membuat Toko Online 

Sebelum membuat laman web untuk toko online, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Kamu perlu menyiapkan domain sebagai sebuah alamat website toko kamu di internet. Selain itu, kamu juga memerlukan hosting, sebagai tempat semua file website kamu akan disimpan. 

Jika kamu seorang bisnis pemula sebaiknya tidak usah bingung untuk memulainya, karena kebutuhan masyarakat untuk menggunakan website kian meningkat. Beruntungnya perkembangan zaman menyokong kebutuhan tersebut, berkat adanya berbagai jenis layanan hosting

Baca Juga: Ini Cara Agar Toko Online Banyak Pengunjung


Cara Membuat Toko Daring Untuk Pemula 

Bagaimana jika kamu ingin membuat sebuah toko daring sendiri tanpa tahu coding? Caranya cukup mudah, sebab kamu bisa memesan hosting atau domain pada layanan jasa pembuatan website. Namun, jika kamu ingin membuatnya sendiri, gunakan saja beberapa aplikasi. 

Kamu bisa melakukan instalasi program yang dibutuhkan, seperti WordPress, plugin WooCommerce, hingga aplikasi tema. Cara membuat aplikasi untuk online shop bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan program tersebut. 

Wordpress menjadi platform yang cukup mudah untuk digunakan bagi para pemula hingga mereka yang tingkat profesional. Tidak terlalu sulit karena kamu tidak harus menguasai coding, bahkan temapun sudah disediakan. 

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah melakukan instalasi WordPress. Setelah itu login ke cPanel hosting dengan menggunakan username dan password yang sudah dikirimkan ke email yang kamu miliki. 

Selanjutnya kamu bisa menekan tombol install now. Biasanya, pada proses ini terdapat bagian Software Setup untuk mengisi beberapa deskripsi bisnis yang kamu miliki. Kamu harus melengkapi nama toko online dan keterangan lebih lanjut. 

Setelah mengisi beberapa informasi terkait bisnis yang dijalankan, kamu bisa menentukan password dan username untuk masuk ke dashboard Wordpress. Langkah akhir, kamu bisa menekan tombol Install, maka akan tampil detail URL website yang kamu buat.

Jika kamu ingin memiliki fitur website yang lengkap, langsung saja untuk melakukan instalasi plugin WooCommerce. Software ini akan mendukung fungsi toko online yang kamu buat. Pengguna bisa mendapatkan fitur seperti analisa visitor, pantauan performa, dan lain sebagainya. 


Mengganti Template Tampilan WordPress

Cara membuat aplikasi untuk online shop selanjutnya yaitu memilih tema khusus pada laman web yang sudah dibuat. Untuk mengganti tampilan tema, kamu bisa menggunakan template yang kini bisa diunduh di internet secara gratis.

Untuk mengganti template, kamu harus masuk ke halaman admin WordPress yang dimiliki. Kemudian pilih menu Appearance, Theme, dan Add New. Jika sudah, maka kamu akan diarahkan pada kolom pencarian untuk memilih tema yang sudah diunduh sebelumnya. 

Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan tema dengan menekan tombol Activate. Secara otomatis, tampilan website kamu akan berubah sesuai yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk melakukan pengaturan lanjutan agar tampilan dan performa toko online bisa lebih optimal. 

Pengaturan bisa mempermudah pengelolaan website yang kamu miliki. Manajemen penyimpanan akan lebih terkelola dengan konfigurasi yang sudah dipasang. Hal tersebut merupakan salah satu cara membuat aplikasi untuk online shop efektif yang bisa kamu lakukan.

Itulah beberapa langkah untuk membuat toko daring bagi pemula bisnis. Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia untuk membuat website. Namun jika kamu masih kebingungan, ada baiknya jika menggunakan jasa layanan pembuatan laman web sebagai solusinya. 

Baca Juga: 5 Bisnis Sampingan yang Paling Menjanjikan dengan Modal Kecil!