Cek Fakta: Benarkah Pakai Masker Ganda Lebih Efektif Mencegah Covid-19?

Mask - Canva

Like

Selama pandemi Covid-19, masker adalah salah satu benda yang paling banyak dicari. Masker punya fungsi yang sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap segala bakteri dan virus, terutama virus Covid-19.

Enggak cuma melindungi diri sendiri, masker juga berfungsi untuk melindungi orang lain agar enggak tertular kuman/virus yang kita bawa melalui udara.

Nah, berbagai jenis masker juga bisa dipakai untuk melindungi kamu dari penyebaran virus.  Mulai dari masker kain, hingga masker medis seperti N95.

Baca Juga: Mengenal Masker Medis Evo, Apa Bedanya dengan Masker Biasa?

Ngomong-ngomong soal masker, ada juga nih tren memakai masker secara ganda atau berlapis dua. Bahkan, Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, pernah terlihat mengenakan masker berlapis ganda lho!


Nah, pertanyaannya, benarkah pakai masker ganda lebih efektif mencegah Covid-19?

Dilansir dari laman Bisnis, kalau dilihat dari perspektif medis nih, menggunakan lebih dari satu masker bisa berfungsi untuk menciptakan penghalang yang lebih kaku bagi kuman dan virus untuk masuk.

Nah, kalau ternyata kamu pembawa infeksi, hal ini juga dinilai lebih baik dalam mencegah penyebaran virus lho!

Meski begitu, beberapa ahli mengatakan, memakai masker ganda bisa menyebabkan tetesan pernapasan justru 'terjebak' di antara dua lapisan nih, Be-emers. Selain itu, dengan mengenakan lebih dari satu masker, berarti pemakai harus rajin membersihkan dan menyanitasi masker.

Sementara itu, pedoman kesehatan saat ini menyarankan agar orang memilih masker yang mengandung setidaknya 2-3 lapis kain.

Di satu sisi, memakai masker tambahan bisa membuat kamu tercekik lho!

Sebenarnya sih, selama kamu menggunakan masker berkualitas baik yang terdiri dari beberapa lapisan dan cocok, kamu enggak perlu menggunakan masker tambahan.

Kecuali, kamu berada di tempat yang berisiko tinggi tertular Covid-19, seperti di rumah sakit atau kamu seorang petugas medis, menggunakan masker berlapis tentu dibutuhkan.

Baca Juga: Heboh Raffi Ahmad Pesta Tanpa Masker, Apa Sih yang Harus Dilakukan Usai Vaksinasi Covid-19?