Ini Hobi yang Bisa Jadi Cuan

sumber: unsplash

Like

Menjalankan hobi memang kadang menghabiskan tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Banyak orang yang rela menabung untuk memenuhi kebutuhan hobi.

Belum lagi, bila hobi nya ini mahal dan memerlukan banyak biaya. Namun, bila kita bisa melihat celah potensi dan peluang keuntungan, hobi tersebut bisa jadi cuan, loh! 

Hobi bukan lagi kegiatan senang-senang untuk menghabiskan waktu dan uang. Namun, beberapa bisa juga jadi ladang keuntungan.

Apa saja hobi yang bisa menghasilkan uang dan investasi? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: Lebih dari Hobi, Intip Peluang Cuan dari Papercraft Yuk!
 

Action Figure

sumber: pexels

Miniatur tokoh fiksi dan bisa dibilang mainan ini bisa dikoleksi semua kalangan. Detail karakter yang luar biasa mirip dengan aslinya memang menggemaskan dan rasanya ingin mengoleksi. Dikenal dengan harganya yang selangit, mainan ini bisa jadi investasi loh.


Bagaimana tidak, untuk beberapa seri yang langka dan banyak dicari, action figure bisa terjual dengan harga tinggi. Bahkan, beberapa seri keluaran Hot Toys nilainya bisa naik 3-10% per tahun karena memiliki penggemar fanatik yang selalu ingin mengoleksi lengkap produk mereka.

Syarat utamanya adalah dengan menjaga kondisi dari koleksi dengan sangat baik dan tidak membuka segel dari mainan tersebut.
 

Gitar

sumber: unsplash

Benda hobi lain yang bisa jadi investasi adalah gitar. Siapa sangka gitar bisa bernilai tinggi hingga ratusan juta beberapa puluh tahun kedepan. Kok bisa? Pemilihan gitar untuk investasi tidak bisa sembarang gitar. Harus gitar dengan kualitas kayu terbaik dan terawat dengan baik yang bisa jadi bernilai tinggi. 

Dengan jenis kayu yang berkualitas seperti eboni dan kihiang dengan kepadatan tinggi, gitar bisa punya suara yang lebih indah. Berbahan kayu, dalam puluhan tahun kedepan suara gitar jadi semakin indah karena kandungan dalam kayu yang juga semakin matang sehingga berpengaruh pada getaran suara gitar.

Belum lagi, jika kayu yang digunakan adalah kayu langka dengan merk ternama pula. Bisa sampai ratusan juta loh harganya!
 

Fotografi dan Videografi

sumber: unsplash

Di era digital seperti saat ini, hobi fotografi dan videografi bisa sangat diperlukan untuk banyak keperluan. Tentu saja hasil foto dan video mu dapat dijual, namun jika kamu peka terhadap peluang bisnis, hasil foto dan video mu dapat bermanfaat untuk berbagai hal.

Skill fotografi dan videografi mu bisa digunakan untuk membuat katalog produk yang dapat diadu, jadi fotografer dan videografer influencer, atau bahkan kamu sendiri bisa jadi influencer yang membahas foto dan videografi. 

Saat ini, banyak situs tempat jual beli foto online yang bisa anda pilih untuk mendapat penghasilan tambahan. Setiap situs tempat jual foto tersebut memiliki sistem pembayaran yang berbeda-beda. Begitu juga soal ketentuan hak cipta foto. Dari situs tersebut lah anda bisa memperoleh penghasilan.

Selain itu, banyak perusahaan mulai memperhatikan sosial media (terutama Instagram) sebagai salah satu aktivitas kampanye mereka. Jika kamu bisa menangkap peluang, maka melalui hal ini kamu bisa berkesempatan mengeruk pundi-pundi rupiah lho! 

Baca Juga: Berencana Menyewakan Kamera? Eits, Simak Dulu Tips Ini
 

Mobil Klasik

sumber: pexels

Mengoleksi mobil tua merupakan hobi yang menguntungkan. Jika kamu punya peninggalan mobil lawas dari ayah atau kakekmu, jangan langsung dijual atau hanya jadi pajangan.

Bila dirawat dengan baik, mobil klasik yang kondisinya masih bagus bisa bernilai tinggi bagi pencintanya. Kamu bisa menjual mobil antik kepada kolektor benda seni yang cocok. Banyak mobil antik yang ketika dijual ke kolektor seni mendapatkan harga ratusan juta bahkan miliaran.

Ada beberapa syarat agar mobil koleksimu bisa bernilai. pertama, pastikan kondisinya 90 persen baik. Kedua, produk original, karena kolektor tentunya dapat mengenali barang yang asli dan yang palsu. Ketiga, tersimpan dengan baik, jangan sampai mobil tersebut terbengkalai hingga mempengaruhi kondisinya di masa depan. 

Apakah ada salah satu dari hobi tersebut yang adalah hobi kamu? Jika iya, Selamat mencoba dan mengembangkan bisnis sesuai hobi kamu!