Lebih dari Hobi, Intip Peluang Cuan dari Papercraft Yuk!

Papercraft - Freepik

Papercraft - Freepik

Like

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata “papercraft” atau kerajinan tangan dari kertas?

Papercraft memang identik sama origami, yang berasal dari Jepang. Namun, kerajinan dari kertas itu juga eksis di sejumlah negara, seperti China dengan lampion kertasnya, hingga Indonesia dengan umbul-umbul Betawi yang sangat colourful.

Sejatinya, papercraft merupakan seni melipat kertas dan bisa dirakit dengan sejumlah teknik seperti digunting, dilipat, dilem, dan sebagainya. Adapun, seni ini bisa jadi hobi sekaligus peluang cuan lho, Be-emers!

Dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, ini peluang cuan yang bisa kamu coba dari papercraft.

Papertoy

Papercraft enggak cuma bisa jadi kerajinan untuk jadi hiasan atau souvenir pada umumnya. Ternyata, papercraft juga bisa dibuat menjadi mainan, atau biasa disebut sebagai papertoy.

Bukan cuma sekedar mainan, papertoy ini mengandalkan inovasi dan otak kreatif dari pembuatnya nih. Jadi, produk mainan kerajinan kertas ini bisa bernilai jual tinggi.


Biar akrab dengan masyarakat, kamu bisa membuat papertoy untuk menjadi replika tokoh kartun, superhero, robot, dan masih banyak lagi.
 

Kursus Papercraft

Buat kamu yang mungkin sudah cukup berpengalaman dalam menggeluti papercraft, kamu juga bisa nih membuka kursus privat papercraft.

Biasanya, kursus papercraft ini juga kerap diundang ke acara-acara tertentu lho, seperti seminar atau workshop, hingga acara sekolah maupun kampus.

Biar kamu punya signature dalam seni papercraft, kamu juga bisa membuat papercraft dengan desain sendiri. Hal ini juga bisa membedakan karya kamu dengan yang ada di YouTube atau video tutorial lainnya.

Baca JugaBunga Kertas: Seni Melipat Keuntungan