Sejumlah Tempat Ini Berpotensi Enggak Kena Royalti Lagu Lho!

Tempat yang Berpotensi Enggak Kena Royalti Lagu - Canva

Like

Setiap kita mengunjungi tempat umum, alunan musik akan diputar oleh pengelola untuk membuat pengunjungnya merasa lebih nyaman. Musik dan lagu juga diyakini bisa menemani kamu yang suka berkunjung ke suatu tempat sendirian tanpa takut kesepian!

Namun, seiring dengan adanya royalti lagu dan musik, sejumlah tempat umum dikhawatirkan bakal jarang memutar lagu atau musik lagi.

Sementara itu, sebenarnya ada juga lho tempat yang justru berpotensi enggak bakal kena royalti lagu maupun musik nih, Be-emers. Soalnya, mereka sudah siap dengan jinglenya sendiri, hingga memproduksi lagu dan mengajak kerjasama para musisi.

Tentunya, jingle yang dibuat oleh sejumlah tempat komersil tersebut selain berfungsi untuk membuat nyaman pengunjung, sekaligus bisa sebagai wadah promosi yang unik dan menarik.

Baca Juga: Dunia Bakal Hampa Gara-Gara Royalti Lagu? Ini Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu
 

Swalayan Modern: Giant, Family Mart, Hingga Alfamart

Siapa yang kalau lagi belanja ke minimarket atau supermarket selalu mendengarkan jingle-jingle khas dari tempat tersebut?


Sejumlah swalayan seperti Giant, Alfamart, Carrefour, Family Mart, dan Alfamidi sudah punya lagu atau jingle sendiri lho! Jingle tersebut bahkan sudah terkenal sejak bertahun-tahun nih, Be-emers.
 
 



Restoran Cepat Saji: McDonald dan KFC

“Mana lagi.. mana lagi selain di McD?..”

Hayoo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Hihi.

Penggalan lirik di atas sudah jadi ciri khas McDonald banget deh di Indonesia. McDonald pertama kali merilis jingle pada era 90an nih, Be-emers.

Saat itu, penyanyi Reza Artamevia terpilih untuk menyanyikan jingle McD dan akhirnya meledak di pasaran. Jingle itu pun sudah menempel di telinga para pecinta McDonald.

Hingga akhirnya, jingle McDonald kembali diarasemen oleh grup Maliq & D’Essential pada tahun 2016. Bahkan, grup musik pop-jazz tersebut juga merilis album edisi khusus McDonald lho!

Enggak berhenti sampai di situ, dilansir dari laman resmi McDonald Indonesia, pada September 2018 McDonald juga merayakan ulang tahun ke-50 menu andalannya yakni Big Mac dengan mengadakan “Big Mac Song”.

“Big Mac Song” ini sebenarnya sudah lebih dulu populer di Amerika Serikat tahun 1975. Dengan lirik yang berisikan bahan-bahan utama Big Mac,  “Big Mac Song” versi Indonesia kemudian dinyanyikan oleh grup vokal GAC dengan empat genre musik yang berbeda, yakni Pop, Jazz, EDM dan Reggae.

Bahkan, jingle “Big Mac Song” tersebut juga mengajak para penggemar McD untuk menyanyikannya dalam versi mereka sendiri dan diikutsertakan dalam kompetisi.
 


Bukan hanya McD, pesaingnya yakni KFC Indonesia juga cukup perhatian sama musik dalam negeri nih, Be-emers. Bahkan, KFC Indonesia punya program “Jagonya Musik” untuk mendukung pendistribusian hasil karya musisi lokal tanah air.

Kalau kamu ingat, KFC Indonesia juga sempat melakukan kompetisi musik dan merilis hasil karya pemenang dalam bentuk album kompilasi. Lagu-lagu ciptaan para pemenang dan musisi yang terlibat dengan KFC tentunya dengan bebas bisa diputar di seluruh gerai KFC di Indonesia.
 


Taman Rekreasi Dunia Fantasi (Dufan)

Menjadi salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia, Dunia Fantasi (Dufan) juga punya jingle sendiri nih, Be-emers.

Kalau kamu ke Dufan, jingle tersebut bisa kamu dengar di hampir setiap wahana atau sudut Dufan! Lebih sering sih, jingle tersebut biasa terdengar di wahana Istana Boneka. Hihi.

Menariknya nih, pencipta jingle Dufan yakni Pak Sudharnoto lho! Beliau, yang notabene juga pencipta lagu Garuda Pancasila ini, menciptakan jingle Dufan sejak tahun 1985 dan jingle tersebut enggak pernah berubah hingga saat ini.
 


Tempat komersial mana lagi yang kamu tahu punya jingle sendiri?