Diburu Saat Ramadhan, Ini Manfaat Kurma untuk Kamu yang Jalani Puasa

Manfaat Kurma Illustration - Canva

Manfaat Kurma Illustration - Canva

Like

Bercita rasa manis, kurma memang cocok buat menemani kamu berbuka puasa. Selain itu, kurma juga punya sejumlah manfaat dan sering diburu saat Ramadhan nih, Be-emers.

Sebenarnya, pohon kurma banyak tumbuh di daerah tropis di dunia. Meski begitu, ada banyak jenis kurma lho.

Mulai dari kurma Ajwa, kurma sukari, kurma medjool, hingga kurma golden valley. Bahkan, kini buah kurma yang masih muda juga banyak dikonsumsi.

Tekstur kurma kenyal, lembut, dan manis. Lebih dari itu, kurma mengandung sejumlah nutrisi penting seperti:
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalium
  • Kalori
  • Kalium dan Magnesium
  • Tembaga
  • Vitamin B6 dan Zat besi

Bahkan, kurma juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi lho, Be-emers. Nah, dikutip dari Bisnis, berikut manfaat buah kurma yang baik untuk kamu, terutama saat menjalani ibadah puasa.

Baca Juga: Tingkatkan Imun Tubuh dengan Minium Jus Ini!

 

Menangkal Penyakit

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kurma memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan tersebut bisa menurunkan risiko hingga menangkal penyakit lho.

Soalnya, antioksidan bisa melindungi sel kamu dari radikal bebas. Untuk diketahui, radikal bebas merupakan suatu molekul enggak stabil yang bisa menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh kamu dan akhirnya menyebabkan penyakit.

Dalam kurma, terdapat tiga antioksidan yang baik untuk kesehatan kamu:
  • Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu
  • Karotenoid: Karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula
  • Asam fenolat: Dikenal karena sifat anti-inflamasi, asam fenolat dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.
 

Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada hewan, kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

Sekedar informasi, saat plak menumpuk pada otak, hal tersebut bisa mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer lho!

 

Manfaat Kurma Illustration - Canva

Manfaat Kurma Illustration - Canva

 

Sumber Energi Alami

Rasa kurma yang manis menjadi pertanda bahwa buah yang tumbuh subur di Timur Tengah tersebut kaya akan sumber gula yang jauh lebih baik dari gula buatan. Selain itu, kurma juga merupakan sumber kalori alami yang baik.

Makanya, mengkonsumsi kurma itu bagus banget untuk sumber energi kamu lho, Be-emers. Lebih dari itu, manis alami yang dimiliki gula bisa membantu kamu mengontrol gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah tapi kaya serat dan antioksidan.

Bahkan, kurma mengandung tanin, yang notabene merupakan suatu senyawa yang telah terbukti membantu memfasilitasi kontraksi. Enggak heran, kurma bahkan bisa menjaga tingkat energi selama persalinan!

Saat menjalani ibadah puasa, kurma tentunya bisa mengembalikan energi kamu.

Biasanya, kamu lebih suka mengkonsumsi kurma dengan cara apa nih, Be-emers?