Soul, Menginspirasi untuk Meraih Mimpi

Soul Movie Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Like

2020 memang bukanlah merupakan tahun yang mudah bagi semua orang. Di waktu yang tepat, Disney dan Pixar merilis film animasi Soul sebagai pengingat bahwa kebahagiaan bisa didapat dari hal-hal kecil dan sederhana lho, Be-emers.

Streaming secara eksklusif di Disney Plus, Soul adalah film animasi tentang seorang pria bernama Joe Gardner. Ia adalah seorang guru musik sekolah menengah, namun ia bercita-cita menjadi seorang musisi jazz terkenal.

Tak disangka, Joe mengalami kecelakaan yang membuatnya mengalami koma, hingga akhirnya ia sampai di alam perbatasan antara hidup dan mati. Di sana, ia bertemu dengan jiwa yang belum terlahir, yang bernama 22.

Di dalam alur cerita film tersebut, Joe dan 22 saling mengajarkan tentang pentingnya setiap waktu yang ada di dalam kehidupan kita dan menghargai setiap momen-momen kecil yang terjadi.
 

Soul Movie - Google Images


Ada beberapa pelajaran hidup yang bisa diambil dari film ini, lho. Yuk kita bahas bersama!

Menikmati hal-hal sederhana dalam hidup

Salah satu hal yang mampu diungkap oleh film ini adalah bagaimana kita selalu disibukkan dengan kesulitan hidup sehingga kita tidak dapat menikmati hal-hal sederhana dan kegembiraan dalam hidup.


Sebagian besar dari kita selalu terlalu sibuk mengejar tujuan dan pencapaian, sepanjang waktu, sehingga kita lupa untuk benar-benar hidup, melihat keindahan hidup, entah itu mendengarkan musik, melihat ke langit, atau menikmati makanan kita sendiri.

Masing-masing dari kita memiliki hal-hal yang membuat kita bahagia, jadi mengapa kita lupa untuk benar-benar menikmatinya? Ini juga harus mengingatkan kita untuk fokus meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia.

Tekun dalam menggapai kesuksesan

Salah satu momen yang benar-benar menentukan dalam film ini adalah ketika Joe mampu mencapai mimpinya bermain dengan band terkenal. Ini adalah pengingat untuk menikmati apa yang telah kita capai dan kesuksesan kita, meskipun bagi sebagian orang mungkin tampak biasa atau membosankan.

Terkadang kebanyakan dari kita tidak menyadari betapa hebatnya pekerjaan yang kita lakukan, hanya memikirkan langkah selanjutnya dan ingin berbuat lebih banyak. Kita perlu  untuk menikmati perjalanan yang kita tempuh hingga mencapai tempat kita sekarang dan tujuan kita nanti.

Kalau belum memiliki tujuan hidup yang kamu yakini, jangan khawatir!

Sebagian besar dari kita dapat menghabiskan waktu lama untuk mencari bakat dan hasrat dalam hidup, tetapi salah satu hal yang dipelajari dari film ini adalah kita tidak harus memiliki hasrat atau tujuan tertentu untuk hidup. Cukup bagi seseorang untuk dapat menikmati keindahan hidup dan berkah yang kita miliki, terlepas dari kekayaan, ketenaran, atau kesuksesan dalam arti konvensional.

Terima setiap perubahan

Sulit bagi setiap orang untuk menerima perubahan di masa depan yang mungkin diharapkan akan berbeda. Namun seiring berjalannya waktu, kita bisa mencoba menerima perubahan ini dan mungkin mulai merasa puas dengan hal tersebut.

Dalam film ini, tukang cukur, Dez, memiliki cita-cita menjadi dokter hewan, tetapi setelah putranya sakit, sekolah tukang cukur adalah yang paling murah, dan setelah itu, ia menemukan hasratnya dalam hal itu dan akhirnya membuktikan keahliannya.

Tersesat dalam kerumitan hidup

Kita semua pasti pernah tersesat dalam hiruk pikuk kehidupan, dengan pekerjaan, rutinitas, dan tekanan sehari-hari yang membuat kita lupa untuk menjalani hidup dan menikmatinya.

Penting untuk menyimpan energi kita dan menginvestasikan waktu kita dalam melakukan hal-hal yang benar-benar membuat kita bahagia, alih-alih terlepas dari kenyataan.

Tidak terpengaruh kata-kata negatif

Kata-kata yang paling sederhana dapat sangat mempengaruhi kita. Hal yang penting adalah untuk tidak menyerah karena hal negatif yang dilemparkan orang lain.

Ingatlah bahwa kamu yang paling mengenal dirimu sendiri lebih dari siapa pun. Hal ini terinspirasi oleh film ini ketika 22 dipengaruhi oleh hal negatif yang dia derita dan bagaimana hal itu mengubahnya.

Mensyukuri nikmat hidup

Tidak banyak dari kita yang benar-benar meluangkan waktu untuk hadir dan mensyukuri nikmat yang kita dapatkan. Kita hanya mengingatnya ketika sesuatu atau seseorang diambil dari kita.

Ketika Joe mulai mengingat bahwa dia memiliki banyak hal dalam hidupnya untuk disyukuri, itu adalah pengingat yang baik bahwa kita harus mencoba menikmati hidup dan menghargai apa yang kita miliki sebanyak mungkin, karena kita tidak akan hidup selamanya.

Mendukung orang-orang tersayang

Satu hal yang sebagian besar dari kita tahu, dani Soul sangat ingin tegaskan, adalah membantu orang yang membutuhkan dukungan Anda. Jika kita memiliki kemampuan untuk membantu siapa pun, kita tidak perlu ragu untuk melakukannya, seperti gadis dalam film yang bermain terompet di kelas bersama Joe.

Kamu sudah menonton Soul belum, Be-emers? Kalau belum, jangan lupa ditonton ya, karena banyak pelajaran yang bisa kamu ambil, lho!