Intip Rahasia Sukses Investasi Ala Jack Ma

Jack Ma (Sumber gambar: Image by 愚木混株 Cdd20 from Pixabay)

Like

Jack Ma, Pria yang berusia 56 tahun tersebut dulunya adalah seorang guru Bahasa Inggris dan saat ini dia menjadi orang keempat terkaya di Tiongkok. Itu semua karena Jack Ma berhasil mengembangkan Alibaba.com menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di dunia. Bahkan, bos Alibaba ini dijuluki manusia Rp.806,2 triliun, sesuai dengan kekayaan yang dimilikinya.

Keberhasilannya sebagai seorang pengusaha sukses, pastinya bisa menginspirasi kamu dan belajar bagaimana cara meraih kesuksesan. Nah, bagi kamu yang mau sukses dan memulai investasi. Berikut ini beberapa pelajaran yang bisa diambil dari Jack Ma:

Punya Passion
Alibaba meminta kepada para pegawainya untuk bekerja dengan passion. Jika seseorang bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati, maka hasil yang didapatkan pun akan lebih maksimal.

Begitu halnya dengan berinvestasi kita dapat belajar bahwa investasi harus sesuai dengan kebutuhan, ketertarikant dan profil resiko karena kamu akan menjalaninya dengan rasa aman, semangat dan sepenuh hati sehingga hasil yang didapatkan pun maksimal.

Kejar Mimpimu

Salah satu kunci kesuksesan Jack Ma adalah berani bermimpi tinggi dan mengejar mimpi itu agar dapat membuktikannya kepada semua orang. Kebanyakan orang sekitar kita saat salah seorang diantara mereka mempunyai mimpi yang tinggi paling hanya akan ditertawakan, diremehkan dan dicemo’oh. Hal itu yang dijadikan oleh Jack Ma sebagai bahan bakar dia untuk membuat mimpinya itu menjadi sebuah kenyataan. Ma juga dulunya bermimpi jika suatu hari nanti Alibaba akan mengalahkan Walmart sebagai retailer terbesar di dunia.

Oleh karena itu, kejarlah mimpimu untuk mencapai tujuan finansialmu karena dengan mimpi itu kamu akan terdorong dan terus berinvestasi.

Pantang Menyerah
Jack Ma sedari masih remaja selalu mendapat penolakan mulai dari kisahnya yang melamar di oxford hingga melamar pekerjaan. Salah satu penolakannya adalah saat dia melamar KFC, dari 24 pelamar hanya dia yang tidak lolos. Namun, itu semua tidak membuatnya menyerah begitu saja.

Dari sini kita bisa petik hikmahnya bahwa semangat dan tidak mudah menyerah ini bisa kamu terapkan ketika berinvestasi. Saat kamu gagal atau loss dalam berinvestasi jangan malah menganggap investasi itu suatu musibah buat kamu dan kemudian kamu langsung menyerah, akan tetapi cobalah cari kesalahan dan memperbaikinya.

Terus Belajar
Perlu be-emers ketahui bahwasanya Jack Ma rela menempuh jarak yang jauh setiap harinya demi untuk mendatangi para wisatawan. Hal ini dia lakukan karena ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dia. Selain itu, dalam merintis bisnisnya pun dia juga masih terus belajar pada pendahulunya yaitu amazon dan eBay.

Sikap ini bisa kamu terapkan dalam berinvestasi seperti memahami jenis-jenis investasi, risiko, keuntungan dan cara investasi atau bisa belajar dari dengan cara mengikuti kelas, komunitas, seminar ataupun workshop.

Bersosialisasi
Visi Misi Alibaba adalah membantu UKM China yang saat itu sangat sulit bersaing dengan pengusaha besar. Untuk mewujudkannya pun, dia membangun networking dengan sejumlah pihak.

Dengan bersosialisasi ini kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam berinvestasi. Mulai dari teman, pakar investasi, kelas saham, workshop, seminar ataupun pelatihan lainnya yang berkenaan dengan investasi. Kamu akan mendapatkan wawasan yang sangat penting dalam menjadikanmu sebagai seseorang yang ahli dalam melihat peluang investasi.