Ketahui Tentang Tren Ikoy – Ikoy dan Dampak yang Ditimbulkan

Ikoy - Ikoy Arief Muhammad Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kanal Youtube Arief Muhammad

Ikoy - Ikoy Arief Muhammad Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kanal Youtube Arief Muhammad

Like

Tak hanya pemberitaan soal perpanjangan PPKM yang kembali diperpanjang hingga 16 Agustus saja yang sedang ramai diperbincangkan. Ternyata, dibeberapa pemberitaan portal media pun sedang ramai membahas tentang tren baru di Instagram.

Tren baru itu datang dari konten kreator Arief Muhammad atau yang mungkin dikenal ketenarannya lewat Twitter @Poconggg yaitu lewat kegiatan Ikoy – Ikoy.

Seperti banyak dihimpun dari berbagai macam portal media, Ikoy – Ikoy sendiri ialah suatu kegiatan berupa pemberian secara sukarela yang dikurasi lewat Direct Message (DM) di Instagram yang masuk ke akun Arief Muhammad yang nantinya pemberian itu dalam bentuk uang atau materi lainnya.

Sebenarnya kegiatan tersebut hampir serupa dengan giveaway, namun yang sedikit membedakan ialah tidak adanya syarat dan ketentuan tertentu hanya perlu mengirimkan Direct Message (DM) saja.

Ikoy – Ikoy sendiri pun tidak memiliki arti pasti atau sesuai dengan KBBI. Diketahui, istilah ini diambil dari nama asisten pribadi Arief Muhammad yaitu Muhammad Rizqi Fadhilah atau yang akrab disapa Ikoy.


Dengan begitu, intensitas yang sangat tinggi akan penggunaan kalimat Ikoy yang terucap oleh Arief Muhammad menjadi distraction tersendiri untuk followers Arief Muhammad di Instagram.

Nah, itu sedikit rangkuman tentang tren Ikoy – Ikoy yang sedang ramai diperbincangkan. Kendati demikian, setiap kegiatan dan perbuatan tetaplah dampak tersendiri.

Berikut Dampak yang Ditimbulkan dari Ikoy – Ikoy

  • Dampak Positif
    Dampak positif dari kegiatan Ikoy – Ikoy ini pun terbilang beragam. Mulai dari dampak yang dirasakan oleh Arief Muhammad sendiri ataupun followersnya yang menerima Ikoy – Ikoy.

    Dampak positif untuk Arief Muhammad itu sendiri ialah pembentukan reputasi atau opini publik yang baik. Karena dengan kegiatan pemberian secara sukarela ini Arief Muhammad menunjukan rasa empati dan simpatinya ditengah keadaan yang sulit karena pembatasan sosial yang tak kunjung usai.

    Selanjutnya, dampak positif tersendiri untuk followers atau penerima dari Ikoy – Ikoy ini pun sudah pasti sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan baik dalam uang atau materi lainnya ditengah keadaan yang sulit seperti saat ini.
     
  • Dampak Negatif
    Dampak negatif yang dirasakan oleh Arief Muhammad ialah respon konten kreator lainnya yang merasa kurang nyaman karena banyak para followers dari konten kreator tersebut meminta hal yang serupa seperti yang dilakukan oleh Arief Muhammad. Oleh karena itu, ada beberapa konten kreator yang kurang setuju dengan kegiatan yang dilakukan oleh Arief Muhammad ini.

    Lalu, dampak tersendiri yang dirasakan oleh atau penerima dari Ikoy – Ikoy ini lebih kearah pembentukan mental berharap atas pemberian yang membuatnya merasa mudah mendapatkan sesuatu tanpa usaha dengan begitu berkorelasi kepada rasa malas.