Corporate Social Responsibility (CSR) Illustration Web Bisnis Muda - Canva
Likes
CSR dapat dipraktikkan dengan banyak cara dan berbagai bentuk. Nggak harus berupa tindakan besar dan juga nominal besar kok, Be-emers! Hal penting tentang CSR adalah membangun kepercayaan, meningkatkan kesadaran, dan mendorong perubahan sosial.
Nah, ada beberapa perusahaan yang memiliki program CSR yang sangat berdampak lho, Be-emers. Apa aja sih? Yuk simak artikel selengkapnya!
Terlebih lagi, Google memberikan hibah untuk beberapa program sosial seperti Goodwill Industries International, Pratham Books, dan Equal Justice Initiative.
CSR merupakan kunci untuk menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik, dan Google berhasil melakukannya dengan tepat sasaran. Mereka merancang dan membangun fasilitas dari bawah ke atas dengan fungsi yang disesuaikan dan mempertimbangkan sustainability, yang akhirnya berhasil menghemat 50 persen energi dibandingkan rata-rata industri.
Selain mengeluarkan biaya lebih dari USD 1 miliar untuk proyek energi terbarukan, Google juga telah membantu bisnis lain mengurangi carbon footprint atau jejak karbon mereka melalui layanannya, salah satunya adalah Gmail.
Reputation Institute melakukan studi dalam mengukur tanggung jawab perusahaan. Indikator pengukurannya yaitu seberapa besar komitmen untuk menjadi pemberi kerja yang adil, memberikan kontribusi kepada masyarakat, dan kemampuan untuk memenuhi tujuan tata kelola.
Kerennya, Google menempati peringkat sebagai perusahaan yang memiliki reputasi CSR terbaik di dunia dalam ketiga aspek tersebut! Google telah memposisikan perusahaannya tak hanya sebagai search engine, tetapi juga pelopor tanggung jawab sosial.
LEGO Group
Memiliki tujuan untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak, LEGO juga telah berkomitmen terhadap praktik ketenagakerjaan yang etis dan berstandard tinggi untuk kesehatan dan keselamat pekerja di pabrik mereka.
Nah, langkah terbesar LEGO dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan adalah beralih dari bahan baku plastik ke bahan baku tebu untuk memproduksi mainan mereka. Ditambah lagi, perusahaan juga telah mengumumkan upayanya untuk menemukan alternatif bahan dan kemasan yang ramah lingkungan.
Mainan brick produksi LEGO yang baru diluncurkan telah terbuat dari 100 persen tebu, lho! Hasil akhir dengan bahan baku yang berbeda tetap memiliki kualitas yang sama baiknya dengan sebelumnya, dan LEGO juga berencana untuk mengganti sebagian besar bahan baku produknya dengan plastik tebu di tahun 2030.
LEGO sendiri berkomitmen melalui kekuatan imajinasi dan permainan untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih cerah untuk diwariskan kepada anak-anak dengan mengambil tanggung jawab terhadap lingkungan melalui perubahan yang berkelanjutan.
The Walt Disney Company
Disney memberikan satu juta tiket Disney Theme Park gratis kepada satu juta orang sebagai imbalan atas satu hari layanan sukarela yang mereka lakukan, programnya bernama Give a Day, Get a Disney Day.
Perusahaan juga peduli dengan pendidikan lingkungan dan menyebarkan kesadaran melalui film dokumenter Disneynature. Keuntungan dari film ini membantu lebih dari tiga juta pohon di Hutan Atlantik Brazil yang terancam, serta 50.000 hektar sabana di Afrika Selatan.
Disney berhasil menerapkan salah satu faktor kunci CSR yang baik, yaitu melindungi lingkungan. Salah satu tujuan utama perusahaan adalah mengurangi limbah dan emisi, yang mana sudah secara aktif diterapkan di taman hiburan dan resortnya.
Selain itu, Disney juga memberikan tunjangan dan bonus yang menarik bagi karyawannya, lho. Perusahaan juga mendorong karyawannya untuk terlibat dalam program VoluntEARS, yaitu sebuah badan aman yang beranggotakan pemeran Disney untuk mebangun peluang bagi para aktris dan aktor untuk meluangkan waktu dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.
Menurut kamu, program CSR mana nih yang paling keren, Be-emers?
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.