Benarkah Amazon Incar Bank Digital Indonesia?

Amazon Disebut Lirik Bank di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Amazon

Amazon Disebut Lirik Bank di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Amazon

Like

Kabar mengejutkan datang dari salah satu perusahaan terbesar di dunia, Amazon. Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos itu disebut-sebut tengah mengincar bank digital di Indonesia lho!

Sejauh ini, bank digital dalam negeri terus tumbuh. Seiring dengan hal itu, sejumlah investor asing rupanya terus berdatangan dan masuk di ranah bank digital dalam negeri.

Investor asing tersebut antara lain dari pihak modal ventura, fintech, startup kapitalisasi besar, hingga BUMN asing! Potensi besar yang dimiliki layanan bank digital disebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor.

Baca Juga: Amazon Habiskan US$1 Miliar untuk Bayar Pekerja Per Jam, Ini Alasannya

Memang sih, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pihak Amazon terkait adanya rencana untuk mengincar bank digital di Indonesia. Namun, kabar itu berhembus kencang seiring dengan adanya salah satu bank di Indonesia yang bermitra dengan Amazon Web Services nih.


Amazon Web Services atau AWS merupakan salah satu anak usaha milik Amazon Inc. yang bergerak di bidang komputasi awan (cloud computing). Bahkan, AWS menjadi penopang pendapatan terbesar Amazon sejak 2016 lho!

Diketahui dari laporan keuangan Amazon di kuartal I/2021, total pengguna aktif AWS sudah mencapai lebih dari 1 juta pengguna hingga tahun 2020. Klien AWS pun beragam, mulai dari perusahaan kecil, menengah, hingga perusahaan besar seperti Netflix dan LinkedIn.

Baca Juga: Tahun Terakhir Kepemimpinan Jeff Bezos, Kinerja Amazon Meroket di Kuartal Pertama 2021!

Makanya, kemitraan AWS dengan salah satu bank di dalam negeri tentunya menjadi hal yang cukup bikin banyak orang penasaran. Lalu, bank apa yang dimaksud?

Dilansir dari Bisnis, bank tersebut yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. alias Bank Banten! Waw!

Bank dengan kode saham BEKS itu menyatakan dalam keterangan resminya pada Juli 2021, bahwa pihaknya sedang menggaet AWS. Hal itu dilakukan seiring dengan niat Bank Banten yang ingin masuk ke ranah bank digital.

Waah, akankah langkah kemitraan dengan Amazon bakal bikin kinerja Bank Banten (BEKS) meroket?