Luar Angkasa Memanggil! NASA Cari Relawan Buat Tinggal di Planet Mars

Mars Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Kebayang nggak sih buat hidup di planet lain selain Bumi? Nah, ada kesempatan unik nih, Be-emers. NASA lagi cari relawan untuk ngerasain simulasi tinggal di planet Mars, lho.

Bagi yang lolos seleksi, mereka akan menjalani pelatihan menjadi astronot dan merasakan pengalaman tinggal di “Mars” buatan selama satu tahun.

Simulasi tersebut akan dilaksanakan di habitat buatan yang luasnya mencapai 160 meter persegi. Habitat tersebut diciptakan menggunakan teknologi 3D di dalam gedung Johnson Space Center yang berlokasi di Houston, Amerika Serikat.

Nggak perlu khawatir, Be-emers! Para relawan akan mendapatkan bayaran, lho. Selain itu, mereka juga akan dilatih dalam berbagai misi, seperti spacewalk. Di dalam simulasi tersebut, mereka juga akan merasakan keterbatasan dalam bahan pangan, sumber daya, bahkan komunikasi!

Tujuan dari dibuatnya simulasi tersebut adalah untuk membantu memahami dan menghadapi tantangan fisik dan mental yang akan dialami para astronot sebelum benar-benar pergi ke Mars.
 

Apa syarat jadi relawannya?

Nah, nggak sembarangan orang bisa jadi relawan, Be-emers. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti Warga Negara Amerika Serikat atau penduduk tetap, berusia 30 hingga 55 tahun, mempunyai fisik yang baik dan tidak mudah mabuk perjalanan, dan berjiwa petualang yang tinggi.


Selain itu, syarat yang harus dipenuhi adalah bukan perokok, fasih berkomunikasi dalam bahasa Inggirs, memiliki pengalaman sebagai pilot pesawat jet minimal selama 1.000 jam terbang, dan juga memiliki pengalaman di bidang Science Technology Engineering Math (STEM).

Kira-kira, kalau kita sebagai WNI boleh ikutan, kamu tertarik nggak nih buat join, Be-emers?