Twitter Bikin Fitur 'Super Follow' Langganan Berbayar

Twitter App Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Twitter kini memberikan fitur berbayar bagi para penggunanya untuk melihat tweet dari beberapa akun yang lebih besar dan populer. Fitur tersebut adalah "Super Follows" yang mulai diluncurkan perusahaan pada hari Rabu, 1 September 2021.

Fitur yang saat ini hanya tersedia bagi para pengguna Apple di Amerika Serikat dan Kanada, memungkinkan penggunanya membayar seharga $ 2,99, $ 4,99, atau $ 9,99 per bulan (Rp 42 ribu - Rp 142 ribu) untuk menggunakan fitur Super Follows.

Pengguna Twitter yang menawarkan Super Follows akan mendapatkan lencana merah muda khusus di profil mereka. Mereka akan mendapatkan bagian hingga 97 persen dari pendapatan super follow hingga $50.000 (Rp 712 juta), kemudian akan diturunkan menjadi 80 persen jika melewati batas pendapatan tersebut.
 

Twitter Super Follows Illustration Web Bisnis Muda - 9to5mac.com


Untuk mengaktifkan fitur ini, diperlukan setidaknya 10.000 pengikut, telah menggunakan situs ini setidaknya selama tiga bulan, dan telah memposting setidaknya 25 tweet selama 30 hari terakhir.

Pengguna yang berafiliasi dengan outlet media yang dikelola pemerintah juga dilarang, termasuk juga akun yang menampilkan hewan atau karakter fiksi, kecuali mereka berafiliasi langsung dengan merek atau organisasi swasta.


Esther Crawford selaku manajer produk Twitter mengatakan bahwa konten Super Follows adalah untuk siapa saja yang membawa perspektif dan kepribadian unik mereka ke Twitter untuk mendorong percakapan publik, termasuk aktivis, jurnalis, musisi, kurator konten, penulis, gamer, penggemar astrologi, pakar perawatan kulit dan kecantikan, komedian, pakar olahraga fantasi, dan masih banyak lagi.

Tidak seperti situs media sosial lain seperti Facebook dan Instagram, Twitter mengizinkan konten eksplisit dengan pengecualian terbatas yang memungkinkan fitur Super Follow Twitter akan menarik minat pasar yang lebih luas.

Kira-kira, kalau sudah ada di Indonesia, kamu mau nggak nih menggunakan fitur Super Follows ini nanti?