Gaya Hidup Sehat Bagi Seorang Pelajar di Tengah Pandemi Covid-19

Hidup sehat bagi pelajar (Sumber gambar: siedoo.com)

Like

Dua tahun lebih pandemi menggempur dunia. Banyak sekali kebiasaan yang harus disesuaikan.

Salah satunya, untuk para pelajar di seluruh dunia. Seperti di Indonesia, mulai dari Paud, TK, SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi, merasakan dampaknya: harus belajar jarak jauh atau secara daring.

Mungkin memang menyulitkan ketika awal-awal pandemi. Namun, kini para pelajar seperti sudah terbiasa menatap layar gadget untuk menyerap ilmu dari guru-guru sekolahnya.

Bahkan, anak Paud sekalipun kini harus menerima pelajaran secara daring. Guru-guru juga kini sudah banyak berinovasi agar pembelajaran tidak membosankan dan materi tetap tersampaikan.

Lalu, apakah benar pandemi dapat menghalangi pelajar untuk berprestasi? Tentu tidak. Jika ingin sukses, maka diri sendirilah yang menjadi penentunya.


Berikut ini kebiasaan yang baik diterapkan oleh pelajar untuk menghadapi pandemi:

1. Biasakan hidup mandiri dengan menerapkan time management.
Menata waktu kapan harus bangun, mandi, makan, bermain, belajar, dan membantu pekerjaan ibu di rumah. Kamu bisa membuat jadwal, dan membunyikan alarm sebagai pengingat setiap kegiatan di rumah.

2. Jangan abaikan dengan sekolah.
Walau hanya menghadap layar gadget, tapi jangan sepelekan setiap pembelajaran yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Badan boleh belum mandi, tapi pikiran harus selalu fresh dan siap menerima materi baru setiap harinya.

Semangat belajar jangan sampai pudar, dan fokus belajar juga harus tetap ada jangan tergoyahkan hal lainnya.

3. Kerjakan setiap tugas yang diberikan guru secara sungguh-sungguh.
Kumpulkan tepat waktu tanpa banyak alasan yang dibuat-buat hanya agar guru maklum menerima tugasmu yang telat terkumpul itu.

Anggap belajar di rumah sama saja belajar di sekolah. Hormati gurumu yang sudah berusaha keras merancang tugas dan metode pembelajaran.

4. Manfaatkan kuota internet untuk berselancar pelajaran, bukan dihabiskan untuk bermain game. Ingatlah orang tua kalian yang susah payah menyediakan gadget juga kuota lebih untuk sekolah daring.

Jadi jika bingung, bisa cari di google, bukan memaksa mama papa untuk membantu mengerjakan tugas kalian.

Itu lah tadi empat kebiasaan baik untuk pelajar yang cocok diterapkan di tengah pandemi Covid-19. Jangan jadikan pandemi alasan untuk gagal berprestasi, dan jangan salahkan keadaan jika nilai tidak sesuai target. Karena penentu keberhasilan adalah diri sendiri, bukan lain hal.