McDonald’s Makin Galakkan Program Bebas Emisi Tahun 2050

McDonald’s Zero Emission Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Pada hari Senin (04/10), McDonald’s menetapkan target baru mereka dalam langkahnya mengurangi emisi gas rumah kaca global pada tahun 2050, mulai dari pemilihan daging sapi di burgernya hingga lampu-lampu di restorannya.

McDonald’s juga mengatakan rantai pasokannya bekerja sama dengan Science Based Targets Initiative untuk mengatasi perubahan iklim yang ada. Hal tersebut bertujuan agar pada tahun 2030, perusahaan dapat menurunkan emisi absolut sekitar sepertiga untuk pemasoknya dan hampir 40 ribu restoran yang dikelola perusahaan dan waralaba di seluruh dunia pada tahun 2030.

Melansir dari Reuters, Jenny McColloch selaku Chief Sustainability Officer McDonald's mengatakan bahwa mereka telah mencoba berkomunikasi dengan mitra, investor, pemasok, serta kepada brand lain di komunitas global bahwa mereka memiliki visi yang sama untuk tahun 2050.

Seperti yang dikatakan oleh para ilmuwan di Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, pada tahun 2050 emisi dunia harus turun menjadi nol untuk membatasi kenaikan suhu global yang tidak melebihi 1,5 derajat celcius dibandingkan tingkat pra-industri.

Perusahaan diwajibkan untuk mengimbangi emisi yang tersisa menggunakan proyek yang menangkap gas serta mengurangi emisi karbon dioksida untuk memenuhi rencana bersih bebas emisi. Rencana tersebut telah ditandatangani oleh lebih dari 1000 perusahaan melalui PBB atau SBTi.


PBB yang mengelola hampir $30 triliun aset tersebut meminta kepada 1.600 perusahaan paling berpolusi di dunia untuk menetapkan target emisi berbasis sains karena kekeringan, banjir, dan kebakaran hutan membuat isu perubahan iklim menjadi semakin mendesak.

McDonald’s merupakan salah satu pembeli daging sapi terbesar di dunia ini dan memiliki total emisi yang 80 persen berasal dari rantai pasokannya, khususnya penggunaan daging sapi, ayam, susu, dan protein lainnya. 

McColloch mengatakan bahwa daging sapi adalah peluang besar untuk membantu mendorong dampak di dunia dengan para petani dan mitra peternak mereka.

Rencana bebas emisi McDonald’s mencakup emisi dari sumber langsung, salah satunya seperti kantor perusahaan dan restoran cepat sajinya. Selain itu juga dari sumber tidak langsung, terutama restoran waralaba serta barang dan jasa pemasok.

Baca Juga: Kekurangan Tenaga Kerja, McDonald's Oregon Pekerjakan Anak Usia 14 Tahun!