7 Tahap Kebebasan Finansial, Sudah Sampai Mana Kah Kamu?

7 Tahap Kebebasan Finansial, Sudah Sampai Mana Kah Kamu? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Siapa sih yang nggak mau merasakan bebas finansial? Apalagi saat kita bisa menikmati hidup dengan tenang sesuai dengan apa yang diimpikan, tanpa harus merasakan bayang-bayang kondisi keuangan yang terbatas.

Tak jarang, banyak juga yang memilih untuk pensiun dini ketika mereka merasa sudah masuk ke tahap bebas finansial atau mencapai financial freedom. Lalu, sebenarnya apa sih financial freedom atau kebebasan finansial itu?
 

Pengertian Kebebasan Finansial (Financial Freedom)

Menurut QMFinancial, kebebasan finansial adalah sebuah kondisi ketika seseorang sudah memiliki kebebasan untuk mengambil keputusan dalam hidupnya tanpa harus memikirkan tentang uang.

Kamu bisa mencapai kebebasan finansial ketika kamu telah memiliki jumlah passive income yang cukup banyak. Selain itu, orang yang sudah mencapai tahap bebas secara finansial biasanya tidak perlu aktif bekerja untuk memenuhi kebutuhannya.

Ada beberapa tahap yang harus kamu lalui untuk mencapai tahap tertinggi dari kebebasan finansial. Yuk, kita bahas bersama!
 

7 Tahap Kebebasan Finansial (7 Steps Financial Freedom)

 

7 Tahap Kebebasan Finansial - Illustration Web Bisnis Muda


Untuk mencapai sebuah kebebasan finansial, kamu harus melalui jalan yang berliku dan tak mudah lho, Be-emers. Untuk mencapai hal tersebut dengan lebih mudah, kamu bisa menjadikan setiap tahapan kebebasan finansial sebagai target dalam mencapai tahapan tertinggi dan membuat proses panjangnya menjadi lebih mudah dikelola.

 
  • Tahap 1: Ketergantungan

Tahap awal yang satu ini sering disebut juga tahap 0 karena di tahap ini kamu masih cenderung bergantung kepada orang lain untuk memenuhi segala kebutuhan finansialmu. 

Kondisi ini merupakan suatu hal yang wajar kok, Be-emers! Misalnya ketika kamu masih duduk di bangku sekolah atau universitas, atau saat berada dalam masa-masa menjadi job seeker, yaitu saat di mana kamu belum bisa menghasilkan pendapatan.

Tahap 1 ini bisa berlangsung bahkan hingga kamu sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan, namun belum bisa benar-benar hidup mandiri. Oleh karena itu, orang yang sudah memiliki penghasilan belum tentu sudah berada dalam kondisi bebas finansial ya, Be-emers!
 
  • Tahap 2: Bertahan

Nah, di tahap ini, kamu sudah memiliki penghasilan dan berkomitmen untuk mengelola keuangan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan hidupmu tanpa bergantung pada orang lain.

Ketika kamu memiliki hutang, kamu harus bisa mengelola keuanganmu dengan baik sehingga semua hambatan tersebut bisa teratasi. Untuk bisa melaju ke tahap selanjutnya, diperlukan tambahan pemasukan atau menekan pengeluaran yang tidak dibutuhkan.
 
  • Tahap 3: Stabil

Pada tahap ketiga ini, kondisi keuangan yang kamu miliki relatif stabil di mana pendapatan lebih besar dibandingkan pengeluaran. Sehingga, sisa dana yang dimiliki bisa digunakan untuk berinvestasi atau menabung.

Ketika kamu sudah mencapai tahap ini, kamu bisa mulai fokus mengambil utang produktif, contohnya seperti KPR.
 
  • Tahap 4: Bebas Utang

Di tahap ini, kamu sudah memiliki simpanan dana yang cukup sehingga tidak perlu berhutang atau memiliki utang lagi. Uang pun tak lagi jadi alat untuk bertahan hidup, melainkan menjadi peluangmu untuk berkembang
 
  • Tahap 5: Keamanan

Pada tahap selanjutnya yaitu keamanan, kamu bisa melakukan investasi yang rutin dengan dana yang kamu miliki, baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Kamu bisa menggunakan hasil dari investasi yang kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhanmu, terutama kebutuhan primer.

Namun, jika kamu masih berada di tahap ini, jangan buru-buru pensiun dini ya, Be-emers. Karena ditakutkan kamu masih membutuhkan dana tambahan dari pekerjaanmu sekarang.
 
  • Tahap 6: Kemandirian

Next, kamu sudah mencapai tahap kemandirian di mana hasil investasi yang kamu dapatkan bisa memenuhi seluruh kebutuhanmu termasuk pengeluaran untuk gaya hidup dan hiburan, karena pada tahap ini, bisa dibilang bahwa kamu nggak lagi bekerja untuk uang, tapi uanglah yang bekerja untuk kamu, Be-emers.

Di tahap ini, kamu bisa menimbang-nimbang apakah kamu perlu pensiun dini atau tidak. Choose it wisely, ya!
 
  • Tahap 7: Berlimpah

Ini dia, puncak dari tangga kebebasan finansial yang sebenarnya. Bisa dibilang, di tahap ini kekayaan finansialmu sudah berlimpah, Be-emers. Kamu telah memiliki passive income yang cukup dari aset aktif, bahkan lebih dari cukup!

Kira-kira, kamu sudah berada di tahap mana nih untuk mencapai kebebasan finansial, Be-emers?