Kita Butuh Inspirasi dari Orang Lain

Dokumentasi pribadi

Like

Setiap manusia tidak akan dapat lepas dari pengaruh orang lain. Bisa saja pengaruh positif atau negatif. Tapi sejatinya, manusia itu diharapkan dapat menerima pengaruh yang positifnya saja.

Salah satu pengaruh positif dari orang lain tersebut adalah bagaimana kita dapat terinspirasi dari orang lain. Dengan keberadaan orang lain, kita bisa terdorong bertindak untuk melakukan satu hal yang lebih baik, bangkit dari kegagalan, atau berupaya untuk hidup lebih maju.

Pertanyaannya, bagaimanakah kita agar dapat terinspirasi dari orang lain? Menurut hemat saya, ada beberapa hal yang harus kita lakukan.

Pertama, kita harus menjadi pribadi yang terbuka terhadap orang lain, agar pengaruh orang lain tersebut masuk dalam pikiran kita. Tetapi perlu diingat, bahwa yang dimaksud dengan pengaruh orang lain di sini adalah konteks yang baik dan postif ya!

Kedua, kita harus menyadari bahwa kita memiliki kelemahan. Kesadaran ini tentu akan membawa kita pada satu situasi bahwa kita butuh orang lain, termasuk yang mampu memengaruhi pikiran dan tindakan kita.


Ketiga, kita harus belajar rendah hati. Kesombongan dan menganggap diri lebih baik adalah awal dari kehancuran. Untuk itu, kita harus belajar menganggap orang lain juga penting bagi kita.

Keempat, memiliki pola pikir bahwa dari siapapun sesungguhnya kita dapat belajar. Sebab, setiap orang tersebut pasti memiliki kelebihan masing-masing atau keunikan yang tidak dimiliki orang lain. Barangkali kelebihan dan keunikan tersebut ternyata mampu membuat hidup kita jauh lebih baik dari sekarang.

Nah, itulah menurut saya empat sikap yang harus kita kembangkan agar kita dapat merasakan inspirasi dari orang-orang di sekitar kita, sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan maju. Karena sesungguhnya kita adalah manusia yang tidak sempurna yang membutuhkan inspirasi dari orang lain yang ada disekitar kita. Salam.