Pentingnya Product Development pada Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva
Likes
Be-emers tau nggak sih, product development merupakan salah satu kunci bagi bisnis agar bisa bersaing dalam industri, lho.
Sejalan dengan arti product development dalam Bahasa Indonesia yang berarti pengembangan produk, hal tersebut menjadi salah satu hal yang krusial bagi perusahaan. Lantas, apa itu product development dan apa saja tahapannya?
Pengertian Product Development
Product development atau pengembangan produk biasanya mengacu pada semua tahapan yang terlibat dalam membawa produk dari konsep atau ide dan seterusnya. Dengan kata lain, menurut Product Plan, pengembangan produk menggabungkan seluruh perjalanan terciptanya suatu produk.Selain itu, dilansir dari Tech Target, product development sendiri merupakan langkah-langkah pengembangan produk yang terdiri dari pembentukan konsep, desian, hingga strategi pemasaran pada produk baru ataupun saat rebranding.
Fungsi Product Development
Seiring perkembangan zaman, tren, dan juga teknologi, bisnis juga harus mampu bertransformasi mengikuti perubahan tersebut agar bisa terus bertahan dan berkembang.Oleh karena itu, kini banyak perusahaan yang melakukan kolaborasi untuk menciptakan ide-de baru, kreativitas unik, dan inovasi untuk bisa mengembangkan produk atau layanan yang ditawarkan agar bisa diterima oleh konsumen.
Tahapan Product Development
Umumnya, ada beberapa tahapan dalam melakukan pengembangan produk, yaitu:-
Menciptakan dan Menyaring Ide
Penyaringan ide juga dilakukan untuk mengefisienkan operasional, mengurangi biaya produksi, meminimalisasi risiko kegagalan, dan juga memilih ide yang sempurna serta memiliki unique value bagi perusahaan.
-
Pengembangan dan Pengujian Konsep
Konsep yang telah dikembangkan pun harus diuji kepada sejumlah konsumen yang masuk ke dalam kriteria konsumen potensial, agar perusahaan bisa mengetahui bahwa produk atau jasa yang ditawarkan bisa diterima di pasar.
-
Marketing!
-
Analisa Bisnis
Hal-hal yang disebutkan harus diketahui dan dianalisis dengan baik agar perusahaan bisa mencapai tujuan utamanya dengan baik.
-
Pengembangan Prototype
-
Uji Marketing dan Komersialisasi
Setelah melakukan uji coba dan memberikan hasil yang bagus, maka untuk meluncurkan suatu produk perusahaan harus melakukan aktivitas komersialisasi. Kegiatan tersebut terdiri dari persiapan produksi, promosi penjualan, iklan, distribusi, dan juga strategi marketing lainnya.
Sudah tau kan pentingnya product development pada bisnismu? Jangan lupa diterapkan ya, Be-emers!
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.